Sarung Tinju Muhammad Ali Terjual Rp 4,5 Miliar

Sarung Tinju Muhammad Ali Terjual Rp 4,5 Miliar – Anda tentu mengenal seorang legenda tinju dunia yang bernama Muhammad Ali. Kalau Anda seumuran dengan saya, maka kita hanya bisa menyaksikan keperkasaan Ali melalui video-video yang tersebar di internet, ataupun melalui acara televisi. Petinju yang memiliki nama asli Cassius Clay ini memang seorang petinju yang luar biasa. Nama Muhammad Ali adalah nama yang digunakannya setelah menjadi seorang muslim. 
Nah, belum lama ini, sepasang sarung tinju yang dipakai Muhammad Ali sewaktu menghadapi Joe Frazier pada 1971 silam, laku terjual seharga 388.375 dolar AS atau sekitar Rp 4,5 miliar dalam sebuah acara lelang. Pemenang lelang yang diadakan di Cleveland, Amerika Serikat, itu merahasiakan identitasnya.
Harga tersebut, seperti dilansir BBC, Jumat (1/8), masih kalah jauh jika dibandingkan dengan harga sepasang sarung tinju yang pernah dipakai Muhammad Ali saat pertama kali memenangi Kejuaraan Dunia. Sarung tinju termahal itu dihargai 836.500 dolar AS atau sekitar Rp 9,8 miliar.
Sarung Tinju Muhammad Ali Terjual Rp 4,5 Miliar
img from plasa.msn
Walaupun begitu, sarung tinju yang dikenakan Ali saat melawan Frazier ini memang sarat dengan nilai sejarah. Pertandingan antara Ali dan Frazier saat itu dinamakan ‘Fight of the Century’ atau ‘Pertarungan Abad Ini’. Di akhir pertandingan, Frazier berhasil mengalahkan Ali dan menjadi juara tinju kelas berat dunia. 
Tetapi, konfrontasi kedua petinju itu ternyata belum berakhir. Pada dua laga berikutnya, yaitu pada tahun 1974 dan 1975, giliran Ali yang berhasil mengalahkan Joe Frazier sekaligus menguatkan predikatnya sebagai petinju terbaik sepanjang masa.
pertandingan muhammad ali vs joe frazier
img from mirror.co.uk
Pertarungan Muhammad Ali versus Joe Frazier pada tahun 1971 itu, kemudian menjadi salah satu peristiwa olahraga yang terus dikenang. Baik dalam aspek tinju maupun politik. Saat itu, semua gelar Muhammad Ali dicopot karena dia menolak masuk wajib militer semasa Perang Vietnam. [plasa.msn]