Perbaikan Jembatan Comal Selesai Dalam 3 hari

Perbaikan Jembatan Comal Selesai Dalam 3 hari – Kita tahu bahwa Jembatan yang sangat vital untuk kelancaran arus mudik Lebaran amblas pada Jumat dini hari. Menteri Pekerjaan Umum mengatakan bahwa perbaikan jembatan Comal selesai dalam 3 hari. Perbaikan akan dimulai hari ini dari sisi utara (Jakarta-Semarang).
Lebih lanjut Menteri Pekerjaan Umum, Djoko Kirmanto menjelaskan, amblasnya jembatan tersebut disebabkan karena terkikis air di sisi kiri yang kemudian berimbas juga pada bagian kanan.
“Sebelah kiri diperbaiki nanti berfungsi 2 ataupun 3 hari lagi. Tidak ada kejadian aneh akan selesai Kamis. Selama menampung risiko bahaya, sebelah utara akan dibuka sebagian saja,” kata Djoko Kirmanto di Jakarta, Senin (21/7).
Jembatan sementara yang dibuka, kata dia, hanya untuk kendaraan kecil. “Nanti akan tutup total. Yang perbaikan sementara itu hanya untuk kendaraan kecil,” kata dia.
Sementara itu, Dirjen Bina Marga, Djoko Murjanto menjelaskan, meskipun perbaikan jalur sisi utara awalnya hanya untuk kendaraan kecil, namun tidak menutup kemungkinan kendaraan dengan ukuran lebih besar diperbolehkan melintas asalkan konstruksi jembatan benar-benar masih kokoh.
“Kita akan batasi, masuk sedan saja kalau sedan enggak ada penurunan, baru bus masuk. Kita awasi terus. Ada tim 24 jam, perilakunya sangat dinamis sekali,” ungkapnya.
Dia mengaku, masih terjadi penurunan konstruksi di sisi selatan jembatan. Penanganan secara permanen akan dilakukan dalam jangka waktu 1,5 bulan. Itupun tergantung kondisi dan cuaca.
“Perilakunya agar berbeda, kira stabil ternyata goyang, yang kita harapkan 1 lajur 2 jalur arah semarang. Tidak ada perkembangan, kamis bisa dibuka,” kata Djoko.
Untuk anggaran perbaikan jembatan ini, pihaknya belum dapat menyebutkan secara detail dengan alasan banyak variabel.(sumber)
  • Wah akhirnya sebentar lagi selesai. Jadi bisa mudik dengan lancar, di tunggu update selanjutnya tentang Jembatan Comal