Nasi Langgi, Resep dan Cara Membuatnya

Kali ini, kami coba hadirkan resep Nasi Langgi. Anda tahu nasi Langgi ? Nasi Langgi merupakan olahan nasi dengan bahan rempah beserta santan dan asam Jawa, yang aslinya dari Solo. Hidangan nasi Langgi biasanya dilengkapi dengan lauk seperti telur dadar, bistik, kering kentang, daging, serundeng, kerupuk udang, sambal goreng hati, dan mentimun.

Kita dapat menjumpai banyak sekali resto atau tempat makan yang menyediakan nasi langgi sebagai menu utama. Nasi Langgi di Jakarta pun juga ada, selain nasi langgi Solo dan Jogja.

Dan, kita bisa membuat sendiri, kalau penasaran dengan rasanya.

Bahan-bahan :

500 gram beras
3 cm lengkuas dengan garis tengah ½ butir kelapa
450 cc santan dari ½ butir kelapa
1 batang serai yang di memarkan

Bumbu yang dihaluskan :

2 buah bawang putih
5 buah bawang merah
1 sendok teh ketumbar di sangrai
½ sendok teh garam

Pelengkap :

Terik daging
Kering tempe
Srundeng kelapa
Cabai goreng udang
Irisan telur dadar
Daun kemangi dan irisan ketimun

Cara Membuat Nasi Langgi :

Cuci beras dan kukus sampai setengah matang (kurang lebih 25 menit). Didihkan santan dengan bumbu halus, lengkuas, serai dan garam secukupnya.

Masukkan beras setengah matang ke dalam santan, masak sampai santan habis terserap oleh beras. Kukus kembali sampai matang.

Bisa di hidangkan dengan cara meletakkan lauk di atas nasi atau di samping nasi.

Baca juga : Resep Nasi Uduk

Membuat pelengkap nasi Langgi

Terik daging

Haluskan 1 sendok teh ketumbar, ½ setengah sendok teh jintan, 5 buah bawang merah, 1 buah bawang putih. Tumis dengan 3 sendok makan minyak hingga harum dan kering. Masukkan 1 batang serai dan juga 1cm lengkuas yang sudah di memarkan, 2 lembar daun salam, 500 gram daging sapi yang sudah di potong-potong, aduk sampai rata.

Tambahkan 750 cc santan dari ½ butir buah kelapa, 1 sendok teh(secukupnya) garam, 1(satu) sendok teh air asam/asem, dan sedikit gula merah. Yang di masak dengan api kecil hingga santan habis dan daging terasa lunak.

Kering Tempe

Panaskan 3(tiga) sendok makan minyak goreng, tumis irisan 2 buah cabai merah, 5 buah bawang merah dan 2 buah bawang putih, ½ sendok teh terasi, 2 lembar daun salam, 1 cm lengkuas yang sudah di memarkan hingga wangi harum dan layu.

Masukkan 250 gram potongan tempe, aduk sampai rata. Lalu tambahkan 250 cc air, 1 sendok teh garam, 1 sendok makan kecap manis, 1 sendok teh air asam, dan sedikit gula merah. Masak dengan api kecil hingga air habis/kering.

Srundeng kelapa

Parut ½ butir kelapa. Haluskan 1 sendok teh ketumbar, 5 buah bawang merah, 2 buah bawang putih, sedikit gula merah, ½ sendok teh garam, 1 sendok teh air asam. Campur dengan parutan kelapa hingga rata.

Tambahkan 1 cm lengkuas yang sudah di memarkan, 2 lembar daun salam dan 1 lembar daun serai. Kemudian sangrai semuanya dalam wajan penggorengan dengan api sedang, sambil terus diaduk-aduk hingga agak kering.

Cabai goreng udang

Dengan 3 sendok makan minyak goreng, tumis irisan : 10 buah cabai merah yang bijinya sudah di buang, 5 buah bawang merah, 2 buah bawang putih, 1 cm lengkuas yang di memarkan, 2 lembar daun salam, tumis hingga harum dan layu. Kemudian masukkan 250 gram udang kupas, di aduk-aduk hingga rata. Tambahkan ½ sendok teh garam, masak hingga matang merata, lalu di angkat untuk siap di hidangkan.

Itulah resep Nasi Langgi, lengkap dengan masakan pelengkapnya. Selamat mencoba.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan