Manfaat Makan Bersama di Meja Makan untuk Anak

Manfaat Makan Bersama di Meja Makan untuk Anak – Menyuruh anak untuk makan, bisa jadi merupakan pekerjaan yang kadang membuat jengkel. Ini saya rasakan sendiri… Anak begitu sulit untuk disuruh makan, apabila mereka asyik dengan aktivitas bermain mereka. Apalagi harus mengajak mereka makan bersama di meja makan, pasti susahnya minta ampun … Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak manfaat yang akan kita peroleh, terutama bagi pertumbuhan anak kita sendiri, ketika kita mengajaknya makan bersama di meja makan ? Apa sajakah manfaatnya ?

Berikut penuturan Psikolog Anak dan Keluarga Anna Surti Ariani :  

gambar dari koran-jakarta.com

 a. Keterampilan

“Dengan anak makan di meja makan, ini melatih dia untuk menyendokkan makanannya sendiri. Bayi akan makan berceceran, itu artinya keterampilan motorik halus mereka belum baik,” kata Anna. Maka itu, dengan makan di meja makan, anak akan membiasakan melatih diri cara ia makan.

b. Fisik

Lebih lanjut, kalau makan di restoran, porsi makanan akan ditentukan restoran. Lain dengan di rumah, anak akan bisa menentukan porsinya sendiri. Ia akan tahu kapan ia lapar dan kapan kenyang. “Ini otomatis akan mencegah obesitas,” kata Anna.

c. Kognitif

Misalkan saja ibu memasak sup sayur, anak akan mengenal berbagai warna, bentuk, dan rasa. Ibu bahkan bisa mengajarkan budaya dan geografi dari makanan.

d. Emosi

“Selain itu, dengan berusaha menghabiskan makanan, anak akan belajar untuk berkonsentrasi,” kata Anna. Anak balita biasanya tidak mau diam saat makan, itu berarti dia belum memiliki ketekunan.

Nah, anak bisa belajar tekun dengan menghabiskan makan di meja makan dengan keluarga. Ini juga melatih regulasi emosi tidak cepat marah.

e. Sosial

Dengan memperhatikan anggota keluarga bercakap-cakap di meja makan, anak akan belajar cara berinteraksi dengan orang lain. (sumber)

Semoga manfaat …

11 Komentar

  1. Benar sekali bang artikelnya, sebenarnya banyak sekali segi postifnya yg akan didapat bilah makan bersama keluarga apalagi di temani dengan anak2, syng sy blum nikah jd blum nyampe ksitu…hehehe

Tinggalkan Balasan