Inilah Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Inilah Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor – Dengan alasan lebih mudah dan cepat, ada cukup banyak orang yang menggunakan sepeda motor untuk pulang kampung atau mudik. Sepeda motor dapat melalui jalan yang lebih kecil sehingga dapat sedikit mengurangi terkena macet. Lalu, bagaimana persiapan dan perilaku di jalan agar mudik menggunakan motor aman dan nyaman agar selamat sampai tujuan ?

Inilah tips mudik aman menggunakan sepeda motor, seperti dikutip dari Liputan6 :

1. Usahakan jangan terlalu banyak membawa barang bawaan, bawalah secukupnya saja.

2. Untuk menghindari terjadinya pencurian, kunci pintu dan semua jendela rumah Anda. Termasuk juga mencabut aliran listrik dan selang tabung gas. Pastikan rumah anda aman, termasuk dari kemungkinan kebakaran.

3. Kenakan pakaian standar untuk pengendara motor.

Inilah Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

Inilah Tips Mudik Aman Menggunakan Sepeda Motor

4. Untuk menghindari kecelakaan, selama di perjalanan patuhilah rambu lalu lintas termasuk menjaga jarak aman. Inilah yang wajib dipatuhi pemudik bermotor selama berkendara.

5. Kalau Anda mulai lelah, jangan memaksakan diri. Beristirahat sejenak akan mengembalikan stamina.

6. Sebelum mudik menggunakan motor, alangkah baiknya motor anda dibawa ke bengkel. Cek semua kondisi motor anda.

Meskipun tidak dianjurkan, namun mudik menggunakan sepeda motor tetap dipilih sebagian pemudik. Tahun lalu saja, 8 ribu lebih pemudik atau 4.400 lebih unit motor digunakan pemudik untuk pulang kampung. Angka kecelakaannya pun cukup tinggi, mencapai 2.900 lebih kasus.

Kondisi motor yang baik, badan yang sehat, serta mematuhi rambu lalu lintas membantu Anda selamat hingga tiba di kampung halaman.