Income Dari Pekerjaan Kecil Bagaimana Mengaturnya ?

Puluhan lowongan kerja Bekasi siap Anda isi posisinya, namun apakah kamu bisa meraihnya. Dunia kerja memang tak semudah yang dibayangkan, apalagi untuk memulai memasukinya. Berbagai macam hal terkadang menjadi kendala. Mulai dari tingkat pendidikan yang rendah, syarat yang terlalu banyak dan pengalaman. Bagi kamu yang sedang mencari pekerjaan sangat wajib untuk melihat potensi yang ada, dengan potensi tersebut nantinya pihak perusahaan juga tak akan ragu menerima dan menempatkan pada posisi yang pas.

Salah satu kesulitan yang dialami saat Anda sudah mendapatkan pekerjaan namun tak sesuai dengan passion adalah rasa jenuh, bahkan sulit menyesuaikan dengan teman-teman. Akibatnya tentu akan membawa iri Anda keluar dari lingkungan tersebut. Kesalahan umum yang menyebabkan hal tersebut bisa jadi karena terlalu tergiur pada gaji sehingga mengesampingkan apa yang seharusnya bisa dan tak bisa untuk Anda kerjakan.

Sebenarnya gaji kecil tak masalah asalkan sudah sesuai dengan apa yang Anda kerjakan, dibandingkan dengan pekerjaan bergaji besar namun tak membuat Anda merasa nyaman. Anda mungkin mulai berfikir bagaimana caranya bisa mengatur biaya hidup mengingat tingkat kebutuhan semakin hari semakin naik dengan gaji yang kecil tersebut. Namun pada kenyataannya hal-hal semacam ini masih bisa Anda lakukan, bagi yang merasa memiliki gaji kecil berikut ini solusi dalam mengatur masalah finansial keluarga Anda :

tips mengatur keuangan dengan gaji kecil

  1. Bedakan antara kebutuhan dan keinginan, apa yang Anda inginkan belum tentu menjadi kebutuhan mendesak, jadi pastikan untuk membedakan 2 hal tersebut, misalnya saat jalan-jalan ke mall untuk tujuan berbelanja, namun karena melihat tas atau mungkin sepatu yang cantik apa yang seharusnya wajib untuk dibeli jadi terabaikan untuk membeli hal tersebut.
  2. Selalu mengutamakan kebutuhan dengan membuat daftar anggaran, mulai dari bahan makanan, kemudian juga tagihan listrik, biaya sekolah anak, uang jajan mereka dan perangkat rumah tangga lainnya, setelah semua dirinci dan menemukan jumlahnya maka ambil saja sejumlah yang dibutuhkan.
  3. Tetap menabung, setelah Anda menyisihkan uang kebutuhan pastilah ada sisa darinya, jangan gunakan untuk bersenang-senang namun akan jauh lebih baik untuk Anda tabung untuk kepentingan lain yang mendesak, atau mungkin kamu memiliki harapan untuk membeli perangkat rumah yang baru.
  4. Kalau bisa kenapa tidak membuat usaha sampingan, hal ini efektif untuk meningkatkan penghasilan rumah tangga, mencoba bisnis yang tak membutuhkan modal besar, bisa dikerjakan sendiri atau mungkin istri sambil mengurus anak di rumah.
  5. Siapkan 2 rekening, satu digunakan untuk uang sehari-hari dan satunya lagi bisa Anda gunakan untuk uang tabungan yang hanya bisa diambil dalam keadaan gawat saja.
  6. Minimalisir hutang, tak harus secara langsung melainkan juga credit card, tahukah Anda terkadang orang yang membawa kartu ini sering kali menjadi gelap mata, semua yang dilihat harus dibeli, apalagi pembayaran juga bisa dilakukan belakangan, perlu diketahui bahwa kartu ini bukan solusi menyelesaikan masalah, justru semakin banyak Anda menggunakannya maka semakin banyak utang yang ditumpuk.

Itulah beberapa kiat efektif dalam mengoptimalkan gaji kecil.

Gaji sebenarnya bukan hanya masalah nominal saja, namun menyesuaikan dengan apa yang Anda kerjakan, bisa jadi nominalnya besar, namun pekerjaan sangatlah berat, sering tidak tidur bahkan membawa pada stress. Untuk yang tertarik jadi pegawai bank, bisa simak lowongan bank Indonesia berikut ini, nominal gaji yang ditawarkan sesuai dengan jenis pekerjaannya.