Cara Perawatan Jaket Jeans Agar Lebih Awet Serta Tahan Lama

Bahan jeans mempunyai banyak sekali produk yang ditawarkan untuk masyarakat dari tas, baju, rok, celana, hingga juga dalam bentuk jaket. Jaket jeans sendiri merupakan jaket dari bahan jeans yang mempunyai banyak sekali model yang bisa dipilih sesuai dengan selera masing-masing masyarakat. Ada jaket bahan jeans ukuran besar, ukuran sedang, hingga yang kecil dan juga mempunyai banyak warna dan ketebalan yang berbeda-beda. Bahan jeans yang digunakan untuk jaket maupun model pakaian lainnya ini memerlukan perawatan khusus agar warnanya tidak mudah luntur dan juga sobek. Karena apabila dirawat dengan benar, pakaian dari bahan jeans ini dapat digunakan hingga bertahun-tahun dan dalam waktu yang lama.

Cara Perawatan Jaket Jeans Agar Lebih Awet Serta Tahan Lama

Perawatan pertama yang bisa dilakukan adalah dengan mencuci secara benar. Ada beberapa tahap yang harus diperhatikan sebelum mencuci jaket dari bahan jeans ini. Tepat pertama adalah dengan merendam air di dalam ember yang telah dicampur dengan detergen secukupnya. Kemudian Anda tinggal untuk merendam jaket yang akan dicuci dan mendiamkannya selama 15 hingga 30 menit saja. Apabila Anda melewatkan tahap perendaman ini biasanya kotoran akan tetap menempel pada jaket bahan jeans tersebut.

Setelah merendam bahan tersebut, langkah selanjutnya tentu harus dicuci dengan benar. Untuk dapat mencuci jaket jeans agar tidak mudah luntur warnanya bisa untuk mengucek secara halus dengan tangan. Apabila ada kotoran yang menempel dan sulit hilang baru bisa menggunakan sikat cuci akan tetapi perlu diperhatikan agar tidak menggosoknya secara kasar karena dapat untuk merusak warna jeans tersebut. Ketika membilas jeans tersebut sama halnya dengan bahan lainnya yang perlu untuk menggunakan air bersih untuk membersihkan busa dan buih pada kain jeans.

Tahap perawatan selanjutnya yang harus diperhatikan untuk jaket dari jeans adalah ketika menjemur. Apabila menjemur jaket dan juga pakaian lain yang berbahan dasar jeans sebaiknya untuk menghindari sinar matahari secara langsung. Karena apabila dijemur dalam jangka waktu lama dan terus-terusan akan membuat warnanya menjadi lebih kusam terutama untuk warna jeans hitam. Cara yang bisa dilakukan untuk menjemur jeans ini adalah menjemurnya dalam posisi terbalik sehingga akan melindungi warna jeans tersebut. Saat proses penjemuran ini juga usahakan untuk langsung kering karena apabila tidak kering akan menimbulkan bau apek yang susah dihilangkan walaupun sudah disetrika.

Kemudian langkah untuk merawat jaket bahan jeans ini adalah saat proses setrika setelah mengangkat jemuran. Beberapa cara untuk menyetrika jeans dengan benar yang dapat dilakukan adalah sebagai berikut ini :

  • Saat menyetrika perhatikan suhu setrika yang akan digunakan.
  • Saat menyetrika sebaiknya menggosok dengan kuat tetapi hindari untuk menggosok dengan tekanan yang berlebihan karena dapat untuk meninggalkan bekas pada jeans.
  • Hindari untuk menyetrika bagian jeans tertentu seperti pada kancing dan resleting karena justru dapat merusaknya.

Kemudian setelah disetrika simpan jaket jeans tersebut di lemari dengan posisi di gantung agar tetap rapi ketika akan dipakai nantinya. Selain merawat jeans dengan benar, ada beberapa hal juga yang harus dihindari agar tidak membuat warna jeans pudar. Beberapa hal yang dapat untuk merusak warna jeans tersebut adalah sebagai berikut :

  • Tidak menyikat jeans terlalu sering dan cukup untuk dikucek saja.
  • Tidak perlu untuk mencuci jaket dan pakaian lain dari jeans dengan mesin cuci karena tergores dengan banyaknya logam yang ada pada jaket.
  • Tidak perlu untuk menggunakan pelembut pakaian karena dapat untuk merubah tekstur jeans.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan