Fakta unik ini memang sudah cukup lama terjadi. Terjadi di Polandia, seorang bayi Lahir dari Ibu yang Sudah Meninggal. Adalah Wojtus, namanya, bayi laki-laki  yang lahir di kota Wroclaw, Polandia barat, dengan selamat. Wojtus lahir 55 hari atau 2 bulan setelah ibunya meninggal. Sebagaimana dikutip dari laman Daily Mail, Kamis, 21 April 2016, ibu Wojtus meninggal karena tumor otak, pada minggu ke-17 kehamilannya. Namun, karena bayi dalam kandungannya masih hidup, maka fungsi vital Wojtus terus dipertahankan hingga ia dilahirkan.

Dan … Luar biasa … Wotjus terlahir dengan berat hanya 2.2 pound atau tidak sampai satu kilogram. Mendiang Ibunya, yang namanya belum dirilis, dilaporkan telah mengetahui keberadaan tumor otaknya selama sepuluh tahun terakhir. Namun, menolak menjalani operasi pengangkatan tumor. Media Polandia melaporkan bahwa ibu ini dapat hidup dengan normal selama bertahun-tahun, sebelum akhirnya tiba-tiba kehilangan kesadaran. Perempuan tersebut mengalami kematian otak dalam perjalanan ke Rumah Sakit Universitas Wroclaw. Namun beruntung, staf medis mampu menstabilkan organ vitalnya untuk mencegah kematian janin. Tim medis mempertahankan kehidupan bayi sampai minggu ke-28 atau ke-30 kehamilan. Sungguh luar biasa …

Dokter Kepala Departemen Anestesiologi dan Terapi Intensif, Andrzej Kubler, mengatakan,

“Kami tidak memiliki pengalaman perawatan jangka panjang fungsi vital pasien dengan kerusakan otak ireversibel.”

Namun, menurut dia, timnya diberkati keberuntungan saat menghubungkan janin ke respirator, tabung dan intravena yang berguna untuk menyalurkan obat serta makanan.

Pada minggu 27 kehamilan, setelah 55 hari di dalam rahim ibunya yang sudah meninggal, Wojtus lahir melalui operasi caesar. Karena kondisi yang sangat lemah serta ukuran tubuhnya yang kecil, bayi Wojtus langsung diletakkan di bawah asuhan neonatologi.

Ayah Wojtus berada di rumah sakit selama bayi dirawat. Wojtus pun membuat kemajuan pesat. Berat tubuhnya terus mengalami peningkatan. Operasi yang dilakukan tim kerja dokter Polandia ini telah dipuji sebagai mukjizat oleh badan profesi medis Polandia. Dan ternyata, ini bukanlah kasus pertama kali yang terjadi di dunia. Kasus bayi Wojtus adalah kasus ke-16 di dunia kelahiran bayi dari tubuh perempuan yang mengalami kematian otak. Sementara di Polandia, ini adalah kasus pertama.