Unik, Kota Ini Mau Bayar Warganya untuk Pindah

Sebuah aturan unik dibuat di kota Auckland, Selandia Baru. Ya, sungguh unik, kota ini mau bayar warganya untuk pindah. Kok bisa ? Well, perlu diketahui, kota Auckland mempunyai area yang tidak terlalu luas. Jadi kota ini hanya memiliki wilayah yang sangat terbatas, yang bisa digunakan sebagai tempat tinggal. Seiring jumlah populasi yang meningkat dan menjadi semakin besar, akhirnya memaksa pemerintah Selandia Baru untuk mengeluarkan aturan agar bisa mengatur jumlah warga yang tinggal disana.

Bayar Warganya untuk Pindah

Aturan baru ini sangat unik. Dikutip dari CNBC.com, Kamis (23/6/2016) pemerintah Selandia Baru menawarkan bayaran 5000 dollar New Zealand atau setara dengan Rp 47,3 juta untuk penduduk kota Auckland. Bayaran ini diberikan agar mereka bisa pindah dan mencari tempat tinggal baru di wilayah lain. Berita tersebut diumumkan pada hari Senin lalu. Pemerintah juga telah mengumumkan bahwa sudah ada 130 orang yang tertarik terhadap tawaran tersebut.

Unik, Kota Ini Mau Bayar Warganya untuk Pindah

Menteri Perumahan Rakyat Selandia Baru Paula Bennet mengatakan, “Bagi mereka yang ingin pindah ke daerah dengan biaya hidup lebih murah, uang ini dapat dijadikan sebagai biaya hidup mereka di tempat baru.”

Pada mulanya, aturan baru tersebut ditargetkan bagi orang-orang yang tinggal di perumahan sosial. Namun saat ini, aturan ini sudah melebar dan dapat digunakan untuk warga yang kesulitan mendapatkan tempat tinggal atau tunawisma.
Selandia Baru adalah negara yang memiliki tingkat perekonomian yang baik. Hal ini dikuatkan oleh laporan yang dikeluarkan HSBC pada tahun 2014. Akan tetapi, tingkat imigrasi di negara ini sangat tinggi. Masalah ini mengakibatkan negara ini kesulitan untuk mengatur urusan tempat tinggal warganya. Kebijakan ini, nantinya akan membantu warga untuk dapat memiliki tempat tinggal dengan harga yang lebih terjangkau. Demikian ungkap Kepala Bank Sentral Selandia Baru Graeme Wheeler.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan