Uang NKRI Dikeluarkan Resmi 17 Agustus 2014

Uang NKRI Dikeluarkan Resmi 17 Agustus 2014 – Bank Indonesia telah mengkonfirmasi akan menerbitkan uang baru yang disebut dengan Uang NKRI. Uang NKRI ini akan dikeluarkan pada 17 Agustus 2014. Bertepatan dengan momen peringatan Hari Kemerdekaan Indonesia. Deputi Gubernur BI, Ronald Waas mengungkapkan, penerbitan uang NKRI diatur dalam Undang-undang (UU) Nomor 7 Tahun 2011 tentang mata uang.
“Dalam UU kan harus tanggal 17 terbitnya. Persiapan desainnya sudah, tanda tangan Menteri Keuangan (Menkeu) dan Gubernur BI juga sudah,” ucapnya pada Senin (14/7).
Ronald mengatakan, pihaknya tidak melakukan perombakan banyak pada uang baru ini. “Sementara ini perubahannya nggak bisa banyak. Nanti kaget-kaget lagi, kayak uang contoh redenominasi langsung dibilang uang NKRI. Padahal itu bahan presentasi waktu konsultasi publik,” jelasnya.
Tetapi sosialisasi perlu dilakukan supaya masyarakat tidak kaget dengan kemunculan Uang NKRI. Seminggu sebelum diterbitkan, BI melakukan sosialisasi uang NKRI untuk memperkenalkan dan memberi pengertian mengenai uang NKRI kepada masyarakat.
Uang NKRI Dikeluarkan Resmi 17 Agustus 2014
“Desainnya udah ada ,tanda tangan sudah, sementara ini perubahannya tidak bisa banyak, nanti masyarakat kaget,” ungkap dia.
Penyebarannya ke Kantor-kantor BI akan dilakukan sebelum tanggal 17 Agustus, sehingga saat pengumuman Uang NKRI sudah tersedia di kantor-kantor seluruh Indonesia. Sementara itu, penarikan uang lama dilakukan secara bertahap sambil dibarengi dengan penyebaran uang NKRI.
Ronald sendiri tidak mengetahui secara persis berapa banyak uang NKRI yang akan disebar ke masyarakat dalam waktu dekat. Mengenai gambar pahlawan yang ada dalam uang, Ronald mengatakan hal itu menjadi keputusan pemerintah.
“Gambar pahlawannya itu mesti keputusan pemerintah, nanti kalau saya cerita tidak seru dong, yang pasti dia pahlawan nasional dan pasti sudah meninggal,” tambahnya.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan