Tips Mudik Lebaran dengan Anak

Tips Mudik Lebaran dengan Anak – Hanya tinggal beberapa hari lagi, hari raya Lebaran atau Idul Fitri akan menjelang. Dalam saat seperti ini, kita tentu akrab dengan yang namanya istilah mudik. Nah, mudik ini adalah salah satu budaya masyarakat Indonesia, ketika akan menghadapi libur Idul Fitri. Ada banyak masyarakat yang berbondong-bondong menyempatkan waktunya untuk bertemu sanak saudara di kampung halaman. Inilah yang disebut mudik.

Ini adalah tradisi yang sudah menjadi salah satu budaya yang melekat bagi masyarakat Indonesia. Buat Anda para orangtua yang akan berangkat mudik dengan membawa anak, apakah anak anda pernah mengalami sakit atau gangguan kesehatan saat mudik ? Atau khawatir anak anda mengalami gangguan kesehatan saat mudik ?

Nah, Dokter Spesialis Anak dari Rumah Sakit UGM, dr Rr Vetria Sekar Damayanti, M.Sc., Sp.A, memiliki beberapa solusi dan tips tentang mudik. Seperti dikutip dari Tribunnews.

Tips Mudik Lebaran dengan Anak

Tips Mudik Lebaran dengan Anak
Terdapat beberapa hal yang musti diperhatikan orangtua, saat membawa serta anak berangkat mudik ke kampung halaman, yaitu kenyamanan dan pemenuhan nutrisi anak. dr Rr Vetria mengatakan, orangtua harus mengutamakan kenyamanan anak ketika berangkat mudik, seperti kenyamanan moda transportasi dan akomodasi.

Untuk Anda yang mudik dengan menggunakan kendaraan pribadi, pastikan kendaraan dalam kondisi yang baik untuk menempuh perjalanan jauh. Ini dilakukan agar anak tetap merasa nyaman saat perjalanan mudik. Sementara Anda yang menggunakan kendaraan pribadi, disarankan agar menyempatkan diri berhenti di tempat-tempat peristirahatan setiap 2 hingga 3 jam sekali. Hal ini penting agar anak dapat beristirahat, makan dengan nyaman, menghirup udara segar dan menggerakkan tubuhnya, agar tidak terasa kaku karena tidak banyak bergerak saat berada di dalam kendaraan.

Kalau memakai sarana transportasi umum, pastikan anak mendapat ruang yang cukup leluasa untuk dirinya. Anak di atas usia 3 tahun sebaiknya mendapat tiket atau tempat duduk sendiri di travel, kereta api, maupun bis. Tidak disarankan membawa anak menempuh perjalanan jauh dengan kendaraan roda dua.

Disamping itu, untuk kenyamanan akomodasi sendiri, saat sampai di tempat tujuan, disarankan untuk mengusahakan tempat tinggal atau tempat menginap yang nyaman bagi anak. Jika di tempat tujuan terdapat perbedaan cuaca, sebaiknya orangtua menyiapkan perlengkapan yang sesuai, agar anak tidak terkena gangguan kesehatan karena faktor tersebut.

Untuk Anda orangtua yang membawa mudik anak yang masih bayi dan balita, maka harus mendapatkan asupan nutrisi yang cukup, agar daya tahan tubuhnya terjaga. Kalau bayi masih mendapat ASI, tetap berikan ASI. Usahakan memberi makanan yang sudah dikenal bayi dan dikonsumsi sehari-hari. Tidak disarankan memberi bayi makanan yang dibeli di luar.

Lebih lanjut Vetria menambahkan, untuk anak yang sudah lebih besar, orangtua diharap memperhatikan kebersihan makanan dan air minum yang dikonsumsi. Disarankan untuk mengkonsumsi makanan yang baru saja dimasak, serta mencuci tangan sebelum makan harus dilakukan, untuk mencegah kuman masuk dalam tubuh anak.

Itulah Tips Mudik Lebaran dengan Anak

1 Komentar

  1. nah ini kang yg sering saya lihat kalo pas mudik, sering ada yg memakai kendaraan bermotor terutama sambil membawa anaknya. Kenyamanan serta nutrisi makanan anak harus tetap diperhatikan tentunya ya kang. kan kasihan jauh2 mudik klo ditengah perjalanan kondisi anak tidak nyaman … kalo saya sih seringnya naik bis kang hehehe

Tinggalkan Balasan