Tips Memilih Tempat Tidur Bayi yang Paling Aman untuk Si Kecil

Ada berbagai macam persiapan yang harus dilakukan oleh orang tua saat menantikan kelahiran buah hatinya. Salah satu caranya ialah dengan mempersiapkan tempat tidur bayi . Pemilihan tempat tidur ini memiliki peran yang penting karena tempat tidur juga berhubungan dengan kesehatannya karena sebagian besar pertumbuhan bayi terjadi saat ia sedang terlelap tidur, oleh sebab itu diperlukan persiapan yang lebih matang untuk memilih tempat tidur ini sehingga bayi bisa tidur dengan lebih nyaman.

Saat memilih tempat tidur, selain faktor kenyamanan, Anda juga harus memperhatikan faktor keselamatan dirinya. Banyak kasus bayi cedera karena terjatuh dari tempat tidurnya, bahkan yang lebih parah ialah bayi yang mengalami keracunan karena bahan material pembuat tempat tidur. Selain itu Anda juga harus memperhatikan, di mana bayi akan tidur. Bayi bisa saja tidur sendiri di ruangan yang terpisah, namun Anda juga bisa menempatkannya bersama dengan Anda.

Baca juga : Trik Menata Tempat Tidur yang nyaman

Ketika Anda memutuskan buah hati Anda tidur bersama dengan Anda menggunakan kasur yang sama, Anda hanya perlu membeli tempat tidur bayi yang kecil dan kemudian menaruhnya di tempat tidur Anda. biasanya cara ini dilakukan oleh orang tua baru. Namun, yang menjadi masalah ketika Anda menaruh bayi satu kasur dengan Anda ialah saat Anda jika ia tidur bersama dengan Anda, ia bisa saja terjepit. Oleh sebab itu saat memutuskan menempatkan bayi dan Anda tidur di satu tempat, berikan batas sehingga Anda tidak akan melukainya.

Bagaimana jika memilih memberikan kamar berbeda untuk buah hati? Memberikan kamar berbeda untuk buah hati memang bisa dipilih. Jika tujuannya agar buah hati Anda terbiasa mandiri sejak dini juga sangat baik. Namun, jangan sampai Anda lupa untuk mengeceknya sesekali waktu. Seperti yang kita ketahui, saat malam hari datang bayi sering terbangun entah karena ngompol, gerah atau lapar. Bila membuatkan kamar sendiri untuknya, usahakan Anda menaruhnya di kamar yang dekat dengan kamar Anda sehingga Anda bisa mendengar tangisannya.

Sebetulnya, pilihan yang paling tepat ialah menaruh bayi di kamar kita dengan box tidur. Dengan cara ini, Anda bisa memberikan perhatian penuh pada buah hati Anda, namun Anda juga tidak perlu khawatir tangan Anda akan melukainya. Ketika Anda menaruh box bayi di kamar, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan sebelum membeli tempat tidur ini.

Tips Memilih Tempat Tidur Bayi yang Paling Aman untuk Si Kecil

Berikut tips memilih tempat tidur bayi yang tepat, antara lain :

  1. Pilih ukuran yang sesuai dengan usianya. Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memilih tempat tidur yang pas dengan usianya selain itu pilih bahan stainless bukan tempat tidur yang berasal dari besi. Periksa bahan tempat tidur apakah mengandung bahan kimia atau tidak,
  2. Pilih seprei yang bisa menyerap keringat dan tidak panas. Sprei yang tidak panas ini akan membuat buah hati Anda tidur dengan aman,
  3. Pilih kasur yang memiliki kualitas baik, hindari kasur yang memiliki tekstur terlalu empuk, kasur terlalu empuk bisa menyebabkan syndrome kematian mendadak pada bayi,
  4. Hindari memilih tempat tidur yang dilengkapi dengan bukakan bagian samping. Tempat tidur bukakan bagian samping bisa membahayakan dirinya,
  5. Gunakan kelambu. Mungkin Anda sudah tidak asing dengan kelambu ini. Kelambu digunakan untuk menutupi tempat tidurnya. Gunakan kelambu yang berukuran panjang dan lebar melebihi ukuran tempat tidur milik si kecil.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan