Mau beli Keju ? Simak Tips Memilih Keju yang baik ini

Kenapa harus tahu tips memilih keju yang baik ? Well … Kita tahu bahwa keju bukanlah bahan makanan yang murah. Keju masuk ke dalam macam produk dairy, yang harganya relatif cukup tinggi. Oleh karenanya, ketika membeli keju, usahakan hanya keju berkualitas yang kita bawa pulang.

Tips memilih keju yang baik. Sebuah pedoman

Kami bagikan tips memilih keju seperti yang dimuat dalam laman CheeseSociety, hari Jumat (17/2/2017).

Berusahalah mencari toko terpercaya

Ini penting. Kita bisa menemukan keju di tempat seperti supermarket, toko produk dairy, ataupun pasar tradisional. Nah, cobalah untuk memilih sumber penjual yang terpercaya. Terkadang, ada pembuat keju yang menjual produknya langsung melalui situs online, ini juga merupakan salah satu cara mendapatkan keju berkualitas langsung dari pabriknya. Kalau kita terpaksa membeli keju di toko, usahakan untuk memilih toko yang cukup laris dan perputaran produknya cepat karena jika toko sepi dikhawatirkan produk yang Anda dapat adalah stok lama.

Selalu cermati tanggal produksi

Produk seperti keju, mempunyai masa simpan yang terbatas, apalagi untuk produk keju segar. Untuk memastikan keju masih dalam keadaan segar, cermati label tanggal produksi dan tanggal kadaluarsa keju. Please, jangan mudah tergiur dengan diskon harga keju karena toko yang menjual keju dengan cara banting harga dikhawatirkan menjual keju yang hampir kadaluarsa.

Cobalah periksa kondisi keju

Seperti saat kita membeli segala bahan makanan, pastikan juga kita memeriksa seluruh kondisi keju. Cium aromanya, penampilannya dan juga rasanya, ini kalau memungkinkan dicicipi. Selalu pastikan bentuk keju masih berpenampilan baik, tidak retak, tidak ada jamur dan memiliki warna yang merata. Sementara dari segi aroma, pastikan keju tidak berbau asam yang berlebihan.

Periksa jenis susu

Hal ini penting dilakukan, utamanya bagi Anda yang alergi atau tidak dapat mengonsumsi jenis produk tertentu. Pastikan keju yang Anda beli terbuat dari susu hewan apa, apakah susu sapi, kambing atau domba. Susu yang digunakan apakah susu mentah atau susu hasil pasteurisasi. Pun juga, periksa jenis bakteri fermentasi yang digunakan, apakah produk nabati atau hewani. Pedagang keju yang jujur akan senang hati memberikan informasi ini dan akan mengarahkan Anda untuk membeli keju sesuai yang Anda inginkan.

Usahakan untuk membeli dalam jumlah terbatas

Banyaknya jumlah yang paling disarankan, adalah membeli keju sesuai pemakaian. Jangan terlalu banyak, karena kalau salah penanganan, maka keju yang jadi stok justru akan membusuk dan berjamur. Jika keju sudah mulai membusuk maka tak ada langkah lain selain membuangnya.

Itu dia tips memilih keju yang baik yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat. Cermatlah sebelum membeli … 🙂

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan