Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit – Di jaman sekarang ini, salah satu bagian dari gaya hidup modern adalah menjadi umumnya penggunaan kartu kredit. Bagaimana tidak, saat ini, orang begitu mudah memilikinya (tidak berlaku untuk saya .. 🙁 ). Kartu kredit memang dapat mempermudah urusan keuangan kita. Tetapi di sisi lain, bisa menjadi bumerang bahkan mimpi buruk bagi kita, apabila kita tidak dapat menggunakannya secara cerdas. Nah, kita perlu tahu tips cerdas menggunakan kartu kredit.

Kali ini, kami akan bagikan 4 tips cerdas menggunakan kartu kredit yang dikutip dari buku karya Jason Kelly, berjudul ‘Financially Stupid People Everywhere: Don’t Be One of Them’

1. Pastikan bahwa kita memiliki uang untuk membayar jatuh tempo

Bisa membayar penuh/lunas pada setiap tagihan kartu kredit, akan membuat kita terhindar dari resiko denda dan bunga berlebih.

Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

Tips Cerdas Menggunakan Kartu Kredit

2. Atur Tanggal jatuh tempo setelah menerima gaji

Usahakan mengatur tanggal jatuh tempo 2-3 hari setelah tanggal penerimaan gaji. Kenapa ? Agar kita dapat fokus untuk tidak menyelewengkan dana terkait untuk hal lain.

3. Perhatikan biaya tahunan

Pada beberapa kartu kredit, biaya tahunan dapat dibayar dengan poin yang Anda dapatkan ketika berbelanja. Namun, jika Anda tidak memiliki poin, cobalah bernegosiasi dengan pihak penerbit kartu kredit untuk mengetahui apakah ada kemudahan dalam biaya tahunan atau tidak.

4. Stop tambah kepemilikan kartu kredit

Setiap kartu kredit kadangkala memberikan manfaat yang berbeda-beda untuk merchant yang berbeda-beda pula. Sehingga, tidak jarang beberapa orang merasa tidak cukup hanya memegang satu kratu kredit saja. Tetapi perlu diingat, semakin banyak Anda memiliki kartu kredit, maka akan semakin tinggi pula godaan untuk menggunakannya, dan bisa-bisa tanpa sadar tagihan akan membengkak di kemudian hari. Akan lebih baik kalau kita pilih manfaat yang benar-benar dibutuhkan dan beranilah untuk katakan tidak setiap ada penawaran kartu kredit baru.

Itulah tips cerdas menggunakan kartu kredit. Semoga bermanfaat.

  • masih aja ngutang statusnya ya om… hehehee makin kedepan blog ini makin ok om… apalagi ssl nya mantappp lampu hijau

    • He..he… ngutang itu indah Om …
      Amiin … SSL nyoba pakai StartSSL om .. He..he.. saya hanya mencoba sepaham dengan jalan yang punya iklan saya … 🙂

      • ada juga yg buat kartu kredit cuma untuk gaya2 an ya om hihihihihi (pengalaman pribadi)

        • Ha..ha… masa sih .. ? Orang bisnis seperti Om@antoncabon:disqus ga mungkin gaya2 an doang .. 🙂
          Saya malah ga pernah berhasil punya .. tapi .. ga pa2…

  • kalau ingat kartu kredit ingat sama yang nagih Kang he,, he,, he,,