Tethering atau Pakai Modem ? Anda pilih Mana ?

Anda pilih mana ? Tethering atau pakai modem ? Saat ini, internet sudah menjadi sebuah kebutuhan bagi setiap kita. Tidak heran kalau penggunaan perkakas yang memungkinkan akses internet diperlukan salah satunya adalah penggunaan modem. Ini adalah alat yang sering digunakan mengingat kemudahan dan kemurahannya. Namun, sejak smartphone mulai hadir, keberadaan modem ini lalu menjadi alternatif. Karena smartphone menawarkan fitur tethering atau penambatan, yang memungkinkan gadget ini berfungsi sebagai gerbang internet. Tethering sendiri dapat dilakukan menggunakan USB atau private hotspot.

Tethering atau pakai modem

Bagi Anda yang menggunakan layanan internet dari Speedy atau lainnya, barangkali tidak perlu membaca lebih jauh. Ini artikel khusus bagi Anda yang menggunakan modem atau handphone, untuk meng-akses internet.

Tethering adalahย penggunaan perangkat telepon seluler dengan akses Internet seperti layanan seluler 3G untuk bertindak sebagai gerbang Internet atau titik akses untuk perangkat lainnya. Perangkat lain dapat tersambung ke gerbang melalui Bluetooth, Wi-Fi atau melalui Universal Serial Bus (USB). Penambatan dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak seluler yang tergantung kepada sistem operasi seluler. Dalam bahasa Indonesia disebut dengan penambatan atau peranggitan.

Pilih mana ? Tethering atau pakai modem ?

Apa jawaban Anda kalau ditanya seperti itu ? Saya sendiri akan menjawab : Tethering. Walaupun punya akses dengan speedy, tapi saya sering juga pakai modem atau tethering. Untuk saat ini, saya lebih memilih tethering.

Modem cepat panas

Itu salah satu alasan saya berhenti menggunakan modem. Cepat panas. Dan ketika ini terjadi, koneksi menjadi lemot dan membikin emosi ini naik ke ubun-ubun.

Modem putus nyambung

Yang ini kerap saya alami. Aktifitas blogging membuat saya menulis di mana saja. Nah, kadang ketika semua sudah siap, mulai dari artikel, setting kategori, tag dan lainnya selesai dan tinggal publish, koneksi putus. Ya ampuuun … jengkel rasanya kalau ini terjadi. Sampai rasanya ingin membanting apa saja. Biasanya sih buku.. yang ga rusak kalau dibanting … ๐Ÿ˜€

Beralih tethering

Suatu kali, modem saya lemot dan panas. Saya coba buka handphone, dan ingat tethering ini. Saya coba aktifkan tethering tanpa kabel. Jadi saya buat handphone saya memancarkan wifi. Ketika saya koneksikan laptop, saya sedikit tersenyum, ternyata koneksi internet jauh lebih cepat dengan cara ini. Cara ini juga tidak membuat handphone saya panas.

Koneksi 4G juga membuat internet menjadi semakin cepat diakses. Saya juga lebih irit menggunakan paket data. Saya berlangganan di Pulsagram untuk pembelian data ini. Lebih irit karena pembelian paket internet menjadi satu tempat saja. Modem sudah saya museumkan saat ini. ๐Ÿ˜€

Kalau Anda bagaimana ? Pilih modem atau tethering ?

Baca juga :

  • dulu sebelum pasang speedy saya juga biasa pakai tethering dari hp mang, cuman dulu hp nya agak jadul dan cepat panas jadi saya beli modem aja deh. kalau menurut saya sih pake modem atau tethering sama aja karena hp saya ngga 4G sih mang

    • saya juga pakai jaringan speedy.. tapi sering juga pakai tethering mang @Hendri Natureve Shop:disqus … kalau pas keluar atau di mana …

      • saya kalau keluar rumah udah ngga bisa dikontek mang, males sih maket internet juga soalnya keluar juga jarang. lebih suka dirumah lah sambil nonton dan ngopi hehehe

        pie kabarnya mang?

  • Karna laptop hilang, modem sudah nganggur, gan fani, tapi bener juga sih, pakai modem’ kalo pemakaian lama lemot, mungkin sesuai dengan kata mas fani, gara gara modem panas kali ya…

  • Bener, enakan pake thetering, lebih praktis. Kalo modem harus pake coloklah.. Install driver lah.. Konfigurasilah.. Tapi kalo tethering tingga pake di hape langsung konek di laptop. Tapi laptopnya kudu harus punya wifi

    • nyebelin lagi klo ngak konek2

      • Apa lagi kalau giliran tekan tombol Publish, konek si putus ? Pasti senewen … ๐Ÿ˜€

        • Itu mah kaya lg download file terus tiba2 mengulangi…

    • Bener.. praktis dan cepat koneksinya .. sejauh ini saya puas internetan .. ๐Ÿ™‚

  • Saya pilih tethering
    Karena kecepatan loading
    Lebih terasa bening
    Dengar lagu di web pun nyaring

    ๐Ÿ™‚

    • Kalau begitu kita sama mbak @anisayunastutik:disqus .. tethering simpel dan cepat ..

  • Saya memilih pakai tethering, mas, selain lancar juga buat nonton youtube asyik banget.

    • Iya.. nonton youtube tanpa jeda. Keren memang. Tapi tergantung handphone juga sih ..

  • kalau aku pilih pakai wifi mas, soalnya di daerahku belum ada sinyal 4G, kalau pakai hape yang 4G sekalipun gak akan bisa memancarkan sinyal 4G, mungkin beberapa tahun kemudian sinyal 4G sudah bisa menjangkau daerahku hehe.

  • Saya tadinya juga pakai modem, sekarang sudah beralih ke Andromax m3y. hasilnya memang lumayan cepat

  • Kalo saya mending make Tethering, dan biasanya saya make mifi dari smartfren

  • kalau diajukan dengan dua pilihan antara modem dan tethering, saya pilih tethering om, lebih irit dan signal lebih kuat
    terutama ditempat-tempat tertentu yang memang tidak memungkinkan untuk menggunakan modem

  • samaa sih selama ini masih pilih tethering, soalnya youtube offline udah numpang di wifi kantor haha

  • Theatring lebih simpel, apalagi dengan jaringan 4G, bikin super ngebut lagi ๐Ÿ˜‚

  • kalau saya sekarang pake smartphone android mas, cepat lagi dan ngak pake ribet.

  • modem, pak. heheheh

  • Saya dua-duanya pake kang, gantian…

  • Kalau saya lebih sering menggunakan MiFi Smartfren, walau kalau masih ada kelebihan data dari langganan nomor Halo saya bagikan juga. Modem pernah beli second punya teman untuk mensiasati pembagian paket mifi yang ada internet malamnya, tapi internet siangnya kehabisan. Dan walau belum 4G ternyata sudah cukup, tapi akhirnya rusak.