Syarat Utama Lulus Tes CPNS 2014 dan Kisi-kisi Soal Tes

Mampu Lulus Tes CPNS tentu menjadi harapan bagi Anda yang telah mengikutinya. Untuk penerimaan CPNS tahun ini, telah bersama-sama kita ketahui bahwa Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) telah menetapkan tatacara seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dengan menggunakan computer assisted test (CAT), dalam tes kompetensi dasar (TKD).
Perlu Anda tahu, materi Tes Kompetensi Dasar terdiri dari 3 kelompok soal. Soal CPNS kali ini disusun oleh konsorsium 17 perguruan tinggi negeri (PTN). Tentu saja soal-soal ini harus dijawab dengan benar oleh calon pelamar. Kali ini, kami akan bagikan kisi-kisi soal tes kompetensi dasar pada tes CPNS 2014.
Untuk bagian pertama, adalah kelompok soal untuk menguji wawasan kebangsaan para pelamar. Yaitu mengenai 4 pilar kebangsaan, yang meliputi Pancasila, UUD 1945, Bhinneka Tunggal Ika, dan NKRI.
“Kalau sudah lupa, harus belajar lagi. Kalau tidak hafal, jangan harap bisa lulus. Karena ini hal paling dasar,” ujar Kepala Bagian Komunikasi Publik Kementerian PANRB Suwardi seperti dilansir detikFinance, Jumat (18/7/2014).

Syarat Utama Lulus Tes CPNS 2014 dan Kisi-kisi Soal Tes
img from setkab.go.id

Selanjutnya, kelompok soal kedua adalah mengenai karakteristk pribadi. Kelompok soal ini berisi soal-soal psikologis yang akan menggambarkan karakteristik dari masing-masing pelamar. Soal dalam kelompok ini meliputi integritas diri, semangat berprestasi, kreativitas dan inovasi, orientasi pada pelayanan, dan lainnya.

Kemudian untuk kelompok soal ketiga, merupakan soal-soal yang akan menguji kecerdasan atau intelegensia umum. Yaitu meliputi kemampuan verbal atau berbahasa, kemampuan numerik, kemampuan berpikir logis, dan kemampuan berpikir analitis.
Itu adalah kelompok-kelompok soal tes CPNS yang harus Anda tahu. Nah, dari ketiga tes tersebut, lanjut Suwardi, hasil seleksi CPNS ini diterapkan ambang batas (passing grade) kelulusan. Jadi tidak hanya sekedar akumulasi atau jumlah keseluruhan nilai yang menentukan kelulusan. Hasil tes, juga harus memenuhi ambang batas setiap kelompok soal, yakni karakteristik pribadi, wawasan kebangsaan, dan intelegensia umum.
Jadi, walaupun nilai totalnya tinggi, apabila nilai salah satu kelompok soal tidak mencapai angka yang ditetapkan, tetap saja tidak lulus. Itulah Syarat Utama Lulus Tes CPNS 2014 dan Kisi-kisi Soal Tes. Semoga bermanfaat.
  • tes CPNS nya sich sebenarnya gampang …cuma untuk lulus itu yang susah…harus bersaing dengan ribuan pelamar…dan juga tentunya ada calo-calo yang menjual jasa…namun mengorban orang orang yang sudah berjuang ikut tes dan berharap lulus murni….keep happy blogging always…salam dari Makassar 🙂

  • hadir lagi menyapa sahabat 🙂 keep happy blogging always..salam dari Makassar 🙂