Solusi Bagi Pemudik yang hendak Melintasi Jalur Pantura

Solusi Bagi Pemudik yang hendak Melintasi Jalur Pantura – Dibutuhkan tiga jalur alternatif bagi pemudik yang akan melintasi Jalur Pantura wilayah Pemalang dan Pekalongan setelah jembatan Comal di Kabupaten Pemalang amblas Kamis malam, demikian Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. Menurutnya dengan cara ini, ketika di jalur alternatif pertama terjadi penumpukan arus, pemudik bisa segera dialihkan ke jalur alternatif kedua dan ketiga. “Untuk jalur alternatif, kepolisian bekerja sama dengan Dinas Perhubungan,” ujarnya di Pemalang, Jumat 18 Juli 2014. 
Ini bisa menjadi solusi bagi pemudik yang hendak melintasi Jalur Pantura. Inilah jalur-jalur alternatif itu : 
  1. Jalur alternatif pertama, dari Kecamatan Comal melalui Bodeh, Kesesi, dan tembus ke Pekalongan. 
  2. Jalur alternatif kedua, dari Kecamatan Pemalang melalui Purbalingga, Kalibening (Banjarnegara), lalu tembus ke Pekalongan. 
  3. Jalur alternatif ketiga, jalur tengah dari Pemalang, Purbalingga, Wonosobo, Temanggung, langsung tembus ke Semarang. 

Solusi Bagi Pemudik yang hendak Melintasi Jalur Pantura
img from Tempo.Co
Salah seorang warga Kecamatan Ulujami, Pemalang, Dahlan, 56 tahun, mengatakan, jalur alternatif pertama yang melalui Kecamatan Bodeh itu memutarnya cukup jauh. “Sekitar 30 kilometer. Tapi jalannya lumayan bagus, bisa dilalui mobil pribadi,” kata dia. 
Walaupun mengambil jalan memutar yang cukup jauh, ini merupakan satu-satunya solusi bagi pemudik yang hendak melintasi Jalur Pantura di Pemalang. Demikian dikatakan Kepala Satuan Kerja Wilayah I (Brebes-Kendal) Bina Marga Jawa Tengah, Sumarjono, seperti dilansir Tempo.Co. “Kalau tidak mau lewat jalur alternatif ya harus jalan kaki kalau tetap mau lewat Jembatan Comal,” kata dia. 
Sementara itu, Bupati Pemalang, Junaedi, mengatakan, Kepolisian Resor Pemalang dan Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika Pemalang telah membuka sejumlah jalur alternatif di wilayah barat Jembatan Comal. “Sejak Jumat dini hari, sepeda motor dan mobil pribadi sudah dialihkan ke jalur alternatif,” kata Junaedi saat mendampingi Gubernur Ganjar Pranowo.
  • Benar sekali … tapi untuk mengejar puncak arus mudik, ga mungkin jembatan itu siap sob … Jadi satu-satunya jalan, ya harus melalui jalur alternatif ….

  • wah seneng yah yang pada mau mudik, tapi kalau melihat jalannya kayak begitu gimana yah, tapi mungkin ada jalan alternati kali yah…salam.

    • Semoga jalur alternatifnya tidak bermasalah juga mas … 🙂
      Apa kabar ? Lama sekali tidak bersua … 🙂