Sistem Pembayaran Baru BPJS Kesehatan per 1 September

Pembayaran melalui satu Virtual Account (VA) untuk seluruh anggota keluarga, adalah sistem pembayaran baru BPJS Kesehatan per 1 September. Peserta Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di kategori Pekerja Bukan Penerima Upah (PBPU) atau mandiri dapat melakukan pembayaran dengan sistem satu VA untuk seluruh anggota keluarganya atau VA Keluarga. Demikian dikatakan oleh Direktur Hukum, Komunikasi dan Hubungan Antar Lembaga BPJS Kesehatan, Bayu Wahyudi, dalam Konferensi Pers “VA Keluarga dan Denda Pelayanan” di Kantor Pusat BPJS Kesehatan, Rabu (14/9/2016).

Berlakunya sistem VA Keluarga ini, diharapkan mampu meningkatkan jumlah keaktifan peserta JKN-KIS. Utamanya, sistem ini juga untuk menyadarkan masyarakat agar membayar iuran dengan tepat waktu dan disiplin.

Dengan VA keluarga ini, peserta JKN-KIS cukup menunjukkan satu VA saja untuk membayarkan semua anggota keluarganya.

Sistem Pembayaran Baru BPJS Kesehatan per 1 September

Sistem Pembayaran Baru BPJS Kesehatan per 1 September

Mengutip dari liputan6.com, status aktivasi peserta sebelum pembayaran bulan September 2016, disesuaikan dengan status aktivasi pada masing-masing peserta sebelumnya. Sedangkan status peserta yang telah membayar iuran pada bulan September 2016 adalah sama aktif untuk seluruh anggota keluarga.

Bagi peserta BPJS yang sudah terdaftar dalam autodebet, tetapi belum mendaftarkan anggota keluarga lainnya dalam tagihan autodebet-nya, maka data pendebetan anggota keluarga lainnya bisa diperbarui hingga 25 Oktober 2016. Jikalau sampai batas itu peserta tidak memperbaharui data anggota keluarga lainnya, maka pada bulan November 2016 secara otomatis autodebet yang bersangkutan akan dihentikan.

Pembayaran iuran satu keluarga ini bebas administrasi di seluruh channel perbankan yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan (BRI, BNI, BTN, dan Mandiri) melalui ATM, Teller, Internet Banking, SMS/Mobile Banking. Khusus pembayaran melalui channel pembayaran swasta (Indomaret, Alfamart, Pegadaian, POS, JNE) dikenakan biaya administrasi sebesar Rp. 2500 per transaksi pembayaran.

Peserta dapat melakukan pengecekan secara mandiri mengenai status pembayarannya di website BPJS Kesehatan, melalui menu Cek Iuran, atau datang langsung ke Kantor Cabang BPJS Kesehatan setempat untuk mendapatkan informasi selengkapnya.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan