Selamat Hari Perempuan Internasional

Hari ini tanggal 8 Maret 2016. Saya ingin mengucapkan Selamat Hari Perempuan Internasional. Khusunya kepada para wanita/perempuan yang berhasil di bidang ekonomi, politik dan sosial.

Peringatan International Women’s Day atau Hari Perempuan Internasional adalah setiap tanggal 8 Maret. Ini adalah sebuah hari besar yang dirayakan di seluruh dunia untuk memperingati keberhasilan kaum perempuan di bidang ekonomi, politik dan sosial. Salah satu peristiwa yang melatarbelakangi adanya peringatan hari perempuan Internasional adalah kebakaran Pabrik Triangle Shirtwaist di New York pada tahun 1911. Dalam kebakaran ini sebanyak 140 orang perempuan, harus kehilangan nyawanya.

Google Doodle

Google juga ikut merayakan Hari Perempuan Internasional ini melalui Google Doodle. Pada halaman beranda mesin pencari, Anda akan menjumpainya. Ingin mendengar ucapannya dalam berbagai negara ? Silahkan klik tombol play di gambar itu.

Selamat Hari Perempuan Internasional

Selamat Hari Perempuan Internasional

Peringatan Hari Perempuan Internasional ini ada karena peristiwa tragedi kekerasan. Gagasan tersebut lahir di Kota New York, Amerika Serikat pada 8 Maret 1857. Saat itu, para buruh wanita dari pabrik garmen, melakukan unjuk rasa untuk memprotes kondisi buruk yang mereka alami, mulai dari diskriminasi, sampai gaji yang tidak setara dengan buruh laki-laki. Aksi demonstrasi itu tak berjalan damai. Aparat kepolisian bertindak represif dengan menyerang para demonstran perempuan itu untuk membubarkan aksi.

Peringatan Hari Perempuan Internasional sempat ‘hilang’ pada masa 1910-20an. Peringatan ini baru kembali dihidupkan, bersamaan dengan bangkitnya feminisme pada tahun 1960-an. Pada tahun 1974, PBB mendukung Hari Perempuan Internasional yang ditetapkan pada 8 Maret.

Selamat Hari Perempuan Internasional … 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan