Sambut Kelahiran Anak, Zuckerberg Sumbangkan 99% Sahamnya

Pemilik Facebook Mark Zuckerberg, berencana menyumbangkan 99% sahamnya. Hal ini ia katakan bersamaan dengan kelahiran anak pertamanya, Selasa (2/12/2015). Foto Zuckerbeg sedang menimang bayi pertamanya didampingi istrinya, Priscilla Chan, diunggah di laman pribadinya.

“Priscilla dan saya sangat bangga menyambut putri kami Max ke dunia”, itulah yang dituliskannya di laman Facebooknya. Ia juga menulis surat khusus untuk bayi mereka itu.

Bersamaan dengan kelahiram putri mereka ‘Max’, pasangan muda itu akan menyumbangkan saham senilai US$ 45 miliar di Facebook ke dalam Chan Zuckerberg Initiative. Organisasi tersebut akan fokus pada penanganan kesehatan dan pendidikan. Zuckerberg berencana mempertahankan posisi suara terbanyak di Facebook ke depan. Dia akan menyumbangkan tak lebih dari US$ 1 miliar saham setiap tahun selama tiga tahun ke depan. Chan Zuckerberg Initiative akan berfokus pada pembelajaran yang lebih baik, penyembuhan penyakit, menghubungkan masyarakat dan membangun komunitas yang kuat.

Mark Zuckerberg saat ini memegang sekitar 4 juta lembar saham Facebook Kelas A dan 419 juta saham Kelas B. Pada harga penutupan Selasa senilai US$ 107,12 per lembar, saham Kelas A tercatat bernilai US$ 428 juta. Sementara itu, saham Kelas B, yang tidak diperdagangkan tetapi dapat dikonversi ke saham Kelas A, bernilai sekitar $ 45 miliar.

Zuckerberg juga baru-baru ini mencuri perhatian publik setelah mengumumkan izin cuti melahirkan selama empat bulan dengan tetap digaji bagi seluruh karyawannya. Keputusan itu diambil setelah dirinya mengambil cuti dua bulan menyambut kelahiran anak pertamanya.

Arti Nama Anak Zuckerberg

Arti Nama Anak Zuckerberg

Memang sedikit unik ketika Mark menyebut bahwa nama anaknya ‘Max’. Di negara-negara Barat nama Max sering diberikan kepada anak laki-laki. Max adalah singkatan dari Maximilian. Dalam bahasa latin Max berarti paling hebat. Nama ini banyak dipakai di Jerman, Belanda, Amerika maupun Inggris, dan negara lainnya. Nama Max menjadi terkenal setelah penguasa Romai Frederick IIT memberi nama putranya Maximilian I.

Walaupun begitu, belum diketahui pasti alasan kenapa Zuckerberg memilih menggunakan nama Max. Nama ini cukup terkenal di kalangan artis. Seperti dikutip lama Baby Names beberapa artis yang menggunakan nama tersebut buat anaknya yakni Steven Spielberg, Herny Winkler dan Christina Aguilera. (berbagai sumber)