Mengenal Lebih tentang Virus Zika dan Cara Mencegahnya

Mengenal Lebih tentang Virus Zika dan Cara Mencegahnya – Penyakit Zika menyerang karena virus yang ditularkan oleh nyamuk Aedes. Gejala dari penyakit ini adalah sakit kepala ringan, ruam merah di kulit, demam, lesu, peradangan selaput mata, dan nyeri sendi.

Menurut Pan American Health Organization, jumlah negara yang melaporkan berjangkitnya penyakit ini naik 2 kali lipat dari 1 Desember 2015 sampai 7 Januari 2016. Negara-negara yang telah mengkonfirmasi adalah Brasil, Barbados, Kolombia, Ekuador, El Salvador, Guyana Prancis, Guatemala, Guyana, Haiti, Honduras, Martinique, Meksiko, Panama, Paraguay, Puerto Rico, Saint Martin, Suriname, dan Venezuela. Demikian dikutip dari MSN.

Virus Zika pertama kali ditemukan menjangkiti manusia pada tahun 1952 di Uganda dan Tanzania. Wabah ini lalu mulai menyebar ke penjuru dunia, di Afrika, Amerika, Asia dan Pasifik. Penyakit ini menunjukkan gejalanya dalam dua sampai tujuh hari setelah terjangkit. Sebagian kecil orang yang terjangkit dapat mengalami komplikasi disebabkan virus ini.

Bukti yang berkembang menunjukkan bahwa virus Zika mungkin terkait dengan sindrom neurologis dan anomali kongenital pada anak-anak yang baru lahir. Penyebaran penyakit ini telah menyebabkan beberapa negara di Amerika Latin, termasuk Kolombia dan El Salvador, menyarankan untuk para wanita tidak hamil sampai 2018.

Mengenal Lebih tentang Virus Zika
Angelica Pereira menggendong bayinya yang lahir dengan kondisi langka dikenal dengan sebutan microcephaly di Santa Cruz do Capibaribe, Brasil. Disinyalir virus Zika berkontribusi atas kondisi tersebut.

Cara Mencegah terkena virus Zika (lihat halaman 2)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan