Manfaat Kopi bagi kesehatan

Manfaat Kopi bagi kesehatan – Artikel ini tertulis berkat inspirasi dari kawan blogger. Kemarin, kawan itu mengeluhkan sakit kepalanya yang ga ketahan… senut…senut.. Sebagai teman, walaupun saya telat tahunya, saya menanyakan kabar sakitnya itu. Dan, alhamdulillah, sudah sembuh … Waktu saya tanyakan ke beliau, apa obatnya, kawan saya itu menjawab bahwa dia minum kopi panas kental.. Lhah .. apa benar ? Saya tahu itu benar, karena saya juga pernah mengalaminya. Saya juga penyuka kopi.

Karena penasaran, saya pun hunting cari info soal kopi ini. Dan hasilnya, saya bagi ke sobat semua. Ini dia hasilnya …
Kafein dalam kopi memang terkenal tidak baik bagi kesehatan. Namun, ada beberapa hal menarik tentang manfaat kopi bagi kesehatan Anda yang mungkin sebagian orang belum mengetahuinya. Meskipun minum kopi secara berlebihan bisa meningkatkan kadar hormon stres kortisol dan mendorong ketergantungan pada kafein, berikut ini 10 daerah di mana konsumsi kopi mungkin bermanfaat jika Anda membatasi krim dan gula pada kopi tersebut, seperti dilansir Livestrong.

Manfaat Kopi bagi kesehatan

Manfaat Kopi bagi kesehatan

Kopi cegah batu empedu

Peneliti Harvard pada 2002 menemukan bahwa wanita yang meminum sedikitnya empat cangkir kopi sehari berada pada risiko 25 persen lebih rendah dari batu empedu. Sebuah studi sebelumnya menemukan hasil yang serupa untuk pria. 

Kopi mengurangi tingkat depresi

Menurut laporan 2011 di Archives of Internal Medicine, perempuan yang minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari adalah 15 persen lebih mungkin mengembangkan depresi dan mereka minum empat cangkir sehari, 20 persen lebih rendah. 

Kopi tingkatkan memori

Kopi dapat membantu tingkatan memori jangka panjang dan jangka pendek. Dalam sebuah studi 2005 disajikan di Masyarakat Radiologi Amerika Utara, para peneliti menemukan bahwa mengonsumsi dua cangkir kopi berkafein meningkatkan memori jangka pendek. 

Kopi cegah risiko kanker payudara

Konsumsi kopi telah dikaitkan dengan penurunan risiko kanker payudara, prostat endometrium, dan kanker hati, dan mereka yang terkait dengan obesitas, estrogen, dan insulin. Sebuah studi 2008 di Swedia menemukan bahwa meminum setidaknya dua sampai tiga cangkir sehari dapat mengurangi risiko atau menunda timbulnya kanker payudara. 

Kopi tingkatkan metabolisme tubuh

Sebuah studi pada 2006 menegaskan bahwa kopi bermanfaat meningkatkan metabolisme dan berlangsung lebih lama pada wanita ramping. Baru-baru ini, peneliti menemukan bahwa biji kopi hijau diambil sebagai suplemen dapat meningkatkan berat badan, rata-rata 17 kilogram dalam orang dewasa selama periode 22 pekan. Para peneliti tidak berpikir itu adalah kafein, melainkan, asam chlorogenic, yang dapat mengurangi penyerapan glukosa. 

Kopi kurangi risiko parkinson

The Journal of American Medical Association pada 2000 menemukan bahwa asupan kafein dapat mengurangi risiko menderita Parkinson. Sebuah studi 2010 menemukan bahwa minum dua sampai tiga cangkir kopi setiap hari bisa mengurangi hingga 25 persen risiko terserang penyakit. 

Antioksidan dalam kopi melebihi sayur dan buah

Peneliti Edward Giovannucci dari Harvard, dalam riset yang dipublikasikan dalam Epidemiologi Cancer, Biomarkers & Prevention mencatat bahwa kopi memiliki antioksidan lebih dari hampir semua jenis sayuran dan buah. Bahkan, sebuah studi 2005 menemukan bahwa kopi adalah sumber antioksidan nomor satu.

Kopi tingkatkan stamina

Sebuah penelitian pada 2008 menyimpulkan bahwa manfaat dari kafein dapat membantu atlet tampil lebih baik selama latihan beban, bahkan ketika kurang tidur.

Hidup Kopi !! Semoga Manfaat ….
  • wah, kalau sehari 10 gelas, bukan cangkir, gimana ya mas? Ampun dech…klo pagi saya sarapannya kopi sih? cuma ya itu, kopinya yang item, tanpa susu gitu?

    • Kalau 10 gelas .. mabok mas .. jantung yang ga kuat ..
      Saya juga pagi sarapan kopi mas .. saya suka keduanya .. kopi dg susu untuk siang hari .. kopi item untuk pagi dan malam mas … mak nyuss…

  • saya minum kopi pas cuma sarapan aja

  • Mas…kopinya satu yah? ndak pakai lama

  • Wah ternyata banyak juga manfaat dari minum kopi.terimakasih sob atas informasi nya

  • Saya sendiri penikmat Kopi Mas,,,mau tahu kopi yang sangat terkenal dari daerah saya yakni Kopi Sidikalang Mas. 🙂

    Memang kopi banyak manfaat asal kita jangan berlebihan tapi teratur dan tepat waktunya untuk komsumsi kopi.

    • Wah … mau tuh mas… saya belom pernah ngerasain Kopi Sidikalang.. kalau sm Kopi Lampung paitan mana mas..? Boleh dong dikirim sample nya …

    • Hehe…tapi kalau Mas sempat ke Medan,diMedan banyak yang jual kopi sidikalang tuh Mas 🙂

      Kopi Sidikalang menjadi kopi top yang diekspor keluar negeri Mas.Dan inilah menjadi label Kopi topnya Indonesia 🙂

  • ternyata kopi berkhasiat juga buat kesehatan, jadi pingin minum kopi ach 🙂

    • Jangan lupa mas … gulanya dikit saja … trus.. aduk agak lama.. sruput yang agak mumpluk (berbuih).. rasanya Mak Nyuss…

    • kalau kopi asli atau kopi kampung saya masih berani minum,
      tapi kalau kopi instant..saya nggak berani minum….. 🙂

  • saya setuju gan,..
    karna saya juga penikmat kopi,,
    beda bgt rasanya kalau gk minum kopi dalam sehari tu,..

  • awas awas.. yg punya warung kopi mau lewat…!! ahahahhaaha..

    pantesan ane jarang kena penyakit mumet, apa udah kebal gara2 kbanyakn nyruput kopi anget??

  • pagi ngopi plus udud itu wajib untuk saya
    tapi kalo malam jarang ngopi takut ga bisa tidur,hasilnya mlototin komputer terus 🙂

    • Sama mas Reo… pagi ngopi dan udud2…
      Malem juga gitu mas… kalo saya, misal udah ngantuk, pasti juga tidur mas…
      Makasih kunjungannya …

  • ngopi sambil dengerin musik dan ditemani sebungkus rokok, pas banget deh buat cari ide untuk bikin artikel. tidak lupa sambil denger musik kesayangan..xixixi makin mantap aja..

  • Berkunjung di malam hari, maaf baru Bisa OL. Dan sekaligus mengucapkan terima kasih

    • Wah makasih mbak Indah … saya yang agak jarang BW ini .. maklum.. kerjaan dunia..

  • Kopi memang enak sih, tp kalau kebanyakan ndak baik juga.

  • wah kopi nikmat ya kayaknya, oh ya maap baru bisa berkunjung sob.

  • aku juga suka kopi lho mas…kopi tanpa acid… nyaman dilambung…hehehe

    • Iya mas … khusus buat yang ga punya riwayat maag saja … makasih kunjungannya …

  • Yang penting gak berlebihan ya, Mas…
    Panjenengan ghriyane Semarang pundi ?

    • Betul mas…
      Wah .. kulo mboten Semarang mas… kulo cah ndeso mas.. Magelang..

  • Hadir lagi mas…sambil menikmati kopi panas

    • Disruput ya mbak… maaf.. sudah 1 minggu.. kopinya masih terus… belom habis2..

  • Makasih juga kunjungannya Bung …. Ga pa2… link saya ndak dipasang … saya ngerti kok …

  • masih seputar kopi sajian dari masasha.net , bukankan kopi tidak baik di lambung? sekarang kan udah ada kopi dgn kadar cafein rendah seperti white coffe spt di tipi2 itu loh

  • akhir-akhir ini saya juga ngopi mas, tapi jarang sih..maaf baru hadir lagi disini

  • ok,. ni ane juga lagi minum kopi,. mantap dah haha.. 😀