Lowongan CPNS 2014 : Boleh Melamar 3 Jabatan di Satu Instansi

Seleksi penerimaan CPNS 2014 saat ini memang tengah berlangsung. Berbeda dengan sistem penerimaan di tahun-tahun sebelumnya, untuk saat ini, tahun 2014 ini, Pemerintah memperbolehkan calon peserta untuk melamar 3 jabatan sekaligus dalam 1 instansi. Namun, peserta hanya boleh untuk mendaftar seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2014 pada satu Kementerian/Lembaga (K/L) saja. Hal ini merupakan salah satu catatan penting yang tertera di situs resmi pendaftaran seleksi CPNS, yakni panselnas. menpan.go.id yang sudah mulai dibuka sejak 20 Agustus lalu.
Di lansir dari Liputan6.Com, bagian halaman muka laman tersebut, terdapat 7 catatan penting yang harus diperhatikan oleh calon peserta sebelum mendaftar atau melamar di sebuah instansi. Juga termasuk soal pengisian data pribadi. Di sana disebutkan bahwa calon peserta hanya dapat mendaftar satu kali di portal ini, yang berarti hanya mempunyai satu kali kesempatan mengikuti tes di salah satu instansi. Tetapi, calon peserta boleh memilih tiga formasi jabatan yang kualifikasi pendidikannya sama pada instansi yang telah diputuskan atau dipilih oleh calon peserta.
Deputi Sumber Daya Manusia Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Setiawan Wangsaatmadja, membenarkan hal ini.
“Hanya boleh melamar ke satu instansi pemerintahan, tapi mereka punya tiga pilihan (jabatan) di instansi tersebut,” katanya di Jakarta, seperti ditulis Senin (25/8/2014).
Kebijakan tersebut sudah menjadi keputusan Panselnas. Demikian dikatakan Perwakilan Panselnas sekaligus Tim Audit IT BPPT, Zaenul Anwar Effendi.
6 poin penting lain yang harus diperhatikan calon pelamar adalah : 

  1. Seluruh peserta akan menghadapi ujian dengan sistem Computeri Assisted Test (CAT)
  2. Persyaratan umum, sebagaimana diatur dalam PP Nomor 11 Tahun 2002 tentang Pengadaan PNS serta memenuhi persyaratan kualifikasi pendidikan sesuai lowongan formasi yang diminati.
  3. Persyaratan khusus atau tambahan, terdapat instansi tertentu yang menambahkan persyaratan khusus. Untuk itu, harap dibaca secara cermat dan teliti. 
  4. Alamat email, seleksi CPNS hanya dapat diikuti melalui tahap pendaftaran di portal ini sehingga calon pendaftar wajib memiliki email dan mengisi data secara akurat, benar serta dapat dipertanggung jawabkan guna menghindari hal-hal yang merugikan.
  5. Cermat dan teliti 
  6. Gratis. Yang berarti, penerimaan CPNS tahun ini tidak dipungut biaya mulai dari pendaftaran sampai dengan pengumuman hasil kelulusan.