Kumpulan Kata kalimat Nasihat Bijak Islami

Kumpulan Kata kalimat Nasihat Bijak Islami – Saat mendekati akhir tahun seperti ini, memang akan menjadi waktu yang sangat tepat bagi kita untuk mulai meneliti kembali apa yang sudah kita kerjakan di waktu yang lalu. Introspeksi, dan kemudian melakukan perbaikan. Itulah yang seharusnya kita lakukan. Nah, menambah khusyuk Anda dalam meneliti diri, kali ini, saya ingin bagikan kumpulan kata-kata nasehat bijak Islami, yang barangkali berguna bagi Anda. Kata nasehat yang berasal dari orang lain, biasanya memang akan kita dengarkan. Namun, saya berani bertaruh, bahwa untuk melakukannya, kita masih enggan. Akan berbeda kalau kita sendiri yang mengatakannya. Karena, ini bisa menjadi sebuah ‘janji’ kita kepada diri kita sendiri. Saya menuliskan semuanya, bukan bermaksud apa-apa. Dengan tulisan ini, saya mengajak kita semua untuk mulai bercermin, dan segeralah action untuk melakukan perubahan … 
Kumpulan Kata kalimat Nasihat Bijak Islami
Inilah Kumpulan Kata kalimat Nasehat Bijak Islami
  1. Jalan keselamatan adalah dengan mengikuti Rasulullah dan para sahabatnya. Allah ta’ala telah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah. Adapun jalan-jalan selain mereka adalah jalan-jalan yang menyimpang dari kebenaran.
  2. Hendaklah kalian banyak mengingat Allah karena itu adalah obat penyakit hati. Janganlah menggunjing orang lain karena itu hanyalah penyakit. (Umar bin Khattab)
  3. Menyia-nyiakan waktu itu lebih jelek daripada kematian. Menyia-nyiakan waktu akan memutuskanmu dari Allah dan akhirat, sedangkan kematian hanyalah memutuskanmu dari dunia dan penghuninya. (Ibnul Qayyim, kitab Al Fawa’id)
  4. Jika Engkau ditanya “Dimana Allah?” Maka jawablah “Allah berada di atas langit, di atas ‘Arasy, di atas seluruh makhluk-Nya, dan ilmu-Nya menjangkau semua tempat ”, karena itulah jawaban yang tepat dan sesuai dengan manhaj Ahlussunnah wal Jama’ah.
  5. Duri sekecil apapun, jangan dianggap remeh, karena bisa melukai. Dosa sekecil apapun, syubhat sehalus apapun, jangan dianggap remeh, karena setiap dosa memiliki bagiannya di neraka.
  6. Orang yg paling pedih musibahnya di dunia ini ialah para nabi kemudian orang-orang shaleh (HR. Ibnu Majah)
  7. Dengan membiasakan membaca Al-Qur’an dan menelaah maknanya, maka perlahan tapi pasti, akan tumbuh rasa cinta terhadap Al-Qur’an. Seperti pepatah jawa mengatakan, Witing Tresno Jalaran Soko Kulino .. 
  8. Seribu jalan menuju roma, tapi hanya ada satu jalan menuju sorga. Dengan kendaraan takwa melalui rute Al-Qur’an dan Sunnah..
  9. Hidup adalah rangkaian ujian tiada henti, selesai ujian ini akan datang ujian lain. Maka seorang ulama mengatakan, ujian akan selesai dan bisa istirahat dengn tenang jika telah dimasukkan oleh Allah ke dalam surganya kelak.
  10. Banyak orang mengaku cinta Rosul, tapi lari dari petunjuknya. Apakah memang cinta sebenarnya ada setelah pertemuan ? Bukankah kita cinta Rosul, walau belum pernah bertemu dengan beliau ?
  11. Ketika demi cinta kau lakukan segalanya, maka perhatikanlah cinta apa yg sedang kau kejar, agar tiada penyesalan dikemudian hari.
  12. Titik awal kesuksesan dimulai dari kerja keras melawan kegagalan
  13. Mukmin sejati adalah mereka yang siap bertaruh nyawa, berkorban harta, mencurahkn pikiran dan tenaga, dalam rangka ketaatan kepada Allah SWT
  14. Terlalu pesimis membuat diri mudah menyerah, terlalu optimis membuat diri mudah takabur. Cukup berusaha, ikhtiar sesuai kemampuan diri dan tidak lupa berdoa. Hasilny kita pasrahkn/tawakal kepada yang Maha Kuasa
  15. Tutupilah kelemahan dan kekurangan saudaramu, jagalah saudaramu karna Allah. cintailah saudaramu seperti mencintai diri sendiri.
  16. Selalu ada jalan keluar, tetap meniti jalan yg benar. Fatamorgana dunia terkadang menyesatkan kita dari jln yang benar. Perbaiki langkah kita, semoga ridho Allah mengiringi langkah ini.
  17. Banyak orang yang takut tidak kebagian rejeki, sampai-sampai meninggalkan kewajiban sholat lima waktu. Tenanglah … Allah sudah kasih jatah rejeki, dan jangan takut tidak kebagian.
  18. Tak perlu menunggu kaya untuk menjadi seorang dermawan. Harta hanya sarana di dunia. Kaya atau miskin sama saja. Bersedekah lah walau hanya dengan sebutir kurma.
  19. Dan adapun orang yg takut kepada Tuhannya dan ia menahan diri dari hawa nafsu. Maka surgalah tempat tinggalnya. Qs.an-naziat : 40-41
  20. Cobaan di dunia, sedih memang, pedih memang, tapi ada balasan surga bagi yang bertaqwa dan sabar menjalaninya
  21. Orang yg benar bukanlah orang yang tak pernah bersalah, orang yang benar adalah orang yang siap menerima kebenaran dan melaksanakannya.
  22. Kabar gembira bagi semuanya … Dapatkn seribu kekuatan dan sejuta semangat, hanya dengan membaca Al-Qur’an minimal 1-2 juz sehari. Mudah, murah, dan bergaransi seumur hidup.
Itulah kumpulan kata kalimat nasehat bijak Islami yang bisa saya sampaikan. Semuanya saya kumpulkan dari berbagia sumber. Semoga bermanfaat … dan silahkan tuliskan di komentar untuk menambahkan … 🙂
  • sangat menyentuh sekali kata-katanya mas 🙂

  • Kata-kata yang indah……. semoga bermanfaat untuk kita sebagai bahan pemikiran dalam menambah wawasan ilmu yan bermanfaat dari kumpulan kalimat nasihat bijak islami.

    Salam,

  • Kata kata yang Hebat…