Kosmetik Berbahaya Masuk Salon

Kosmetik Berbahaya Masuk Salon – Balai Besar Pengawas Obat dan Makanan (BBPOM) Semarang menengarai kosmetik yang mengandung obat dan bahan kimia berbahaya telah beredar hingga berbagai salon kecantikan. Kepala Balai Besar POM Semarang Zulaimah, Kamis (16/5), mengatakan peredaran kosmetika berbahaya tersebut sudah cukup luas dengan omzet yang besar pula.

Menurut dia, berdasarkan hasil penggrebegan terhadap sebuah pabrik kosmetik di Purwokerto, peredaran barang berbahaya tersebut sudah mencapai kawasan Jabodetabek, Surabaya, serta Semarang. “Omzet pabrik kosmetik ilegal ini mencapai Rp1 miliar per bulan,” katanya. Ia menuturkan, kosmetik berbahan berbahaya tersebut belum memiliki izin produksi serta tidak terdaftar di BBPOM.

Sebanyak 160 karton kosmetik serta bahan baku yang diamankan BBPOM tersebut mengandung berbagai jenis obat keras. “Obat-obat keras yang dicampur dalam kosmetik ilegal ini seharusnya digunakan dengan resep dokter,” katanya.

Kosmetik Berbahaya Masuk Salon
gbr: muslimahwahdahbandung.blogspot.com

Penggunaan kormetik berbahaya tersebut secara terus menerus akan menimbulkan kerusakan pada kulit, bahkan risiko terkena kanker. Saat ini, lanjut dia, pemilik industri rumahan kosmetik berbahaya yang berlokasi di Kompleks Permata Hijau Blok 8 Purwokerto tersebut sedang
dimintai keterangan. Pelaku akan dijerat dengan Undang-undang Nomor 36 tahun 2009 tentang kesehatan. (sumber)

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan