Kekuatan Daya Tarik Lirik Lagu, Makna dan Pesan di dalamnya

kekuatan daya tarik lirik lagu

Lirik lagu menjadi media yang paling efektif untuk menyampaikan pesan sosial pada anak muda, begitu kata Bob Dylan. Begitu besar kekuatan daya tarik lirik lagu dalam membawakan pesan kepada pendengar. Survei Statista.com menemukan bahwa, 47 persen anak muda Inggris mencari lirik untuk memahami apa maksud lirik tersebut. Lebih dari satu miliar pencarian web setiap bulan untuk mencari kata-kata bijak di dalam lirik. Hal ini paling banyak diminati daripada mengutip pesan instan, fiksi, non-fiksi, surat kabar dan blog di antara bahan bacaan mereka.

Grafik lirik pop hari ini mungkin kekurangan lagu protes seperti tahun 1960an. Para seniman tampak lebih senang menulis lirik-lirik tentang cinta yang berdebar-debar antara laki-laki dan perempuan sehingga kehilangan kesempatan besar untuk mendidik dan mencerahkan penggemarnya.

Survei lain yang dilakukan oleh Musixmatch, mengatakan bahwa, yang digunakan 30 juta orang di seluruh dunia  untuk menmukan lirik melalui mobile phone dengan 51 persen dilakukan oleh anak muda usia 15-27 tahun. Mereka mencari lirik untuk mengetahui makna lagu tersebut.

Mereka melakukan survey terhadap 6.000 pengguna mesin pencari dan menghasilkan bahwa 26 persen dari responden mencari lirik karena mereka memang suka bernyanyi, 11 persen karena ingin belajar bahasa dan 9 persen  mencari lirik tersebut karena mereka merasa menjadi” lebih dekat dengan artis”

Kekuatan Daya Tarik Lirik

Berdasarkan hasil survey tersebut, lirik-lirik lagu yang banyak dicari di Inggris diantaranya adalah “Royals” oleh Lorde yang menceritakan tentang penolakan terhadap nilai materialisme, dan juga lirik-lirik Ed Sheeran serta George Ezra.

Lirik mempunyai kekuatan yang tidak boleh diremehkan. Lirik seringkali adalah tentang perasaan, kenangan, dan emosi. Lirik seringkali mengingatkan dan menghubungkan kita pada momen spesial dalam kehidupan. Lirik mempunyai kekuatan untuk menyampaikan pesan sosial kepada pendengar. Penelitian Musixmatch menunjukkan betapa pentingnya lirik yang bagus dalam sebuah lagu. Ed Sheeran dan George Ezra adalah contoh artis dengan lirik yang menyentuh dan dengan pencarian yang sangat populer.

Musixmatch telah meluncurkan aplikasi yang memindai perpustakaan musik pengguna dan daftar putar streaming untuk mengambil dan menampilkan lirik. Ini mengklaim sebagai rumah katalog lirik berlisensi terbesar di dunia, dengan hampir 10 juta lirik dalam 39 bahasa dan dua juta pengguna per hari. Beberapa lirik yang pernah menjadi favorit adalah One (U2), “How Soon Is Now” (Smiths), “Smells Like Teen Spirit” (Nirvana), “Redemption Song” (Bob Marley), dan “Yellow” (Coldplay).

Sementara lagu-lagu dengan pesan politik menduduki puncak tangga di tahun 1980-an, banyak pembuat hit kontemporer telah memperhatikan perumusan hiburan bercampur dengan politik yang diciptakan oleh produser film Samuel L Goldwyn: “ Jika anda ingin mengirim pesan, hubungi Western Union”. (source : Independent.co.uk/Afif_Zu)

Baca juga :

  • daya tarik menarik antara lirik dan makna.. trus.. rumusnya kayak apa coba?