JK Rowling Masih Menjadi Penulis Terkaya di Dunia

JK Rowling Masih Menjadi Penulis Terkaya di Dunia

JK Rowling Masih Menjadi Penulis Terkaya di Dunia. Ia kembali dinobatkan menjadi penulis terkaya di dunia setelah hampir 10 tahun. Kita tahu bahwa JK Rowling, penulis Harry Potterini, pernah menempati posisi tersebut di tahun 2008.

Dilansir dari The Guardian, majalah Forbes menulis bahwa kekayaan Rowling diperoleh dari gabungan penjualan buku, e-book, dan audio serta pendapatan dari televisi dan film. Hasil penghitungan itu memperkirakan, Rowling mendapatkan US$95 juta atau Rp 1,2 triliun pada 2016 sampai dengan 31 Mei 2017. Yang berarti bahwa dalam 1 menit, wanita ini mampu mengumpulkan US$180 atau Rp 2,4 juta. Luar biasa !

Pendapatan JK Rowling juga ditunjang dari penjualan buku Harry Potter and the Cursed Child. Novel yang dirilis medio musim panas tahun lalu itu, telah terjual lebih dari 680 ribu kopi di Inggris Raya, hanya dalam 3 hari sejak dirilis. Buku ini pun menjadi buku yang paling cepat terjual, setelah seri terakhir serial Harry Potter, yaitu Harry Potter and the Deathly Hallows.

JK Rowling Masih Menjadi Penulis Terkaya di Dunia

Selain penjualan buku, harta penulis dari Inggris ini juga diperoleh dari komisi film Fantastic Beasts and Where to Find Them yang dirilis 2016. Produser Forbes Hayley Cuccinello mengaku terkejut melihat pendapatan Rowling meningkat US$76 juta selama 12 bulan. Namun Cuccinello juga memprediksi bahwa pendapatan Rowling tidak akan bertahan lama. Ini dapat terjadi jika Rowling tidak lagi merilis buku terlaris, dalam beberapa tahun ke-depan. Jika ini terjadi, penghasilannya malah akan menurun drastis dan menggusurnya dari peringkat pertama. Demikian kata Cuccinello.

Posisi kedua ditempati oleh James Patterson yang penghasilannya US$8 juta lebih rendah dari Rowling. Sebelumnya, penulis Witch & Wizard itu menempati posisi pertama selama tiga tahun berturut-turut. Penulis Wimpy Kid, Jeff Kinney ada di tempat ke-tiga dengan pendapatan US$21 juta, unggul tipis dari Dan Brown yang bertengger di posisi ke-empat. Dan Brown mengumpulkan US$20 juta dalam setahun.

Inilah daftar 10 penulis terkaya versi Forbes

1. JK Rowling – US$95 juta
2. James Patterson – US$87 juta
3. Jeff Kinney – US$21 juta
4. Dan Brown – US$20 juta
5. Stephen King – US$15 juta
6. John Grisham – US$14 juta
6. Nora Roberts – US$14 juta
8. Paula Hawkins – US$13 juta
9. EL James – US$11,5 juta
10. Danielle Steel – US$11 juta
10. Rick Riordan – US$11 juta

Daftar di atas sekaligus menunjukkan bahwa JK Rowling Masih Menjadi Penulis Terkaya di Dunia.

Baca juga :

  • saya mau minta duit dl ke tante JK Rowling aaahhh…