Inilah Desain Uang NKRI yang Sah

Inilah Desain Uang NKRI yang Sah – Akhirnya, pihak Bank Indonesia bersama pemerintah, resmi mengumumkan bahwa akan segera meluncurkan uang NKRI pada 17 Agustus 2014 besok. Uang rupiah kertas, pecahan Rp 100.000 tahun emisi 2014 mulai diberlakukan, dikeluarkan, dan diedarkan di Indonesia. Peluncuran uang baru ini dilakukan bertepatan dengan peringatan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-69.
Secara global, desain uang rupiah kertas pecahan Rp 100.000 tahun 2014 tidak mengalami banyak perubahan, bila dibandingkan dengan uang rupiah kertas pecahan Rp 100.000 tahun emisi 2004 yang beredar sekarang ini.
“Perbedaan utama antara lain dikenali dari frasa ‘Negara Kesatuan Republik Indonesia’ pada bagian muka dan belakang uang dan penandatangan uang dari yang sebelumnya anggota Dewan Gubernur Bank Indonesia menjadi Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan,” kata Direktur Eksekutif Departemen Komunikasi BI Tirta Segara dalam pernyataan resminya, Kamis (14/8/2014), seperti diberitakan Kompas.Com.

Inilah Desain Uang NKRI yang Sah

Inilah Desain Uang NKRI yang Sah

Makna Filosofis

Dikutip dari Kompas.com, lebih lanjut Tirta menjelaskan, bahwa penggunaan frasa “Negara Kesatuan Republik Indonesia” serta tanda tangan Gubernur Bank Indonesia dan Menteri Keuangan mewakili pemerintah dalam uang NKRI menegaskan, bahwa makna filosofis Rupiah sebagai simbol kedaulatan negara yang harus dihormati dan dibanggakan oleh semua warga negara Indonesia.
Sementara itu Gubernur Bank Indonesia, Agus Martowardojo, Kamis kemarin di Jakarta mengatakan, “Tahap awal akan meluncurkan uang NKRI nominal Rp 100.000,”.┬áNantinya, jumlah uang NKRI yang akan diedarkan oleh Bank Indonesia, akan mengikuti jumlah uang yang telah ada dan beredar saat ini. Pihak Bank Indonesia sendiri masih belum mau menyebutkan berapa jumlah uang baru yang akan diedarkan tersebut.
“Nanti akan ada dua jenis uang yang beredar, keduanya masih akan berlaku untuk transaksi,” ucap Deputi Gubernur Bank Indonesia Ronald Waas.
desain-uang-NKRI-di-sosmed
Beberapa waktu sebelumnya, sempat beredar desain dari uang yang diduga akan menjadi Uang NKRI yang dimaksud. Dalam desain tersebut, tampak nilai pecahan juga hasil dari redenominasi yang pernah diajukan sebelumnya. Tetapi, Bank Indonesia membantah bahwa Uang NKRI yang akan beredar, adalah uang yang desainnya sudah tersebar di media sosial tersebut. Masalahnya, uang dengan nilai redenominasi tersebut saat ini masih dibahas undang-undangnya di Dewan Perwakilan Rakyat.
  • Wah tabungan saya 100juta jadi berapa y??? hehehe…ngimpi.com

    Salam dari Pulau Dollar

  • semoga saja dengan beredarnya uang ini,,,bisa semakin memperkuat keyakinan kita untuk mepertahankan NKRI…
    keep happy blogging always,,,salam dari Makassar ­čÖé