Inilah 3 Negara Asia yang masuk 10 besar Terkaya di Dunia

Inilah 3 Negara Asia yang masuk 10 besar Terkaya di Dunia – Sebenarnya, apa sih ukuran dari kekayaan benda sebuah negara itu ? Saat ini, Produk Domestik Bruto atau PDB digunakan sebagai acuan untuk mengetahui kekayaan materi suatu negara. Dan ini telah lama digunakan.

Tetapi, pemakaian PDB untuk menjadi ukuran, mendatangkan masalah sebab tidak mempertimbangkan jumlah penduduk atau populasi sebuah negara. Padahal, semakin besar tanggungan negara dalam hal ini jumlah penduduk, maka jumlah pendapatan yang diraih setiap warga akan semakin kecil.

Negara Tiongkok sebagai contoh. Negara ini sering ada di tempat tertinggi pada daftar negara terkaya. Sementara kalau dilihat lebih seksama, dengan jumlah penduduk lebih dari 1,3 miliar, maka rata-rata pendapatan per kapita warga negara di Raksasa Asia itu tergolong kecil meski angka PDB mereka sangat besar. Demikian tulis Metrotvnews.com

Di lain pihak, ada sejumlah negara yang memiliki nilai PDB jauh lebih kecil. Namun, setiap warganya memiliki rata-rata penghasilan/pendapatan sangat tinggi. Sebagai contoh, Singapura, Brunei Darussalam, Luxemburg, dan Australia.

Inilah 3 Negara Asia yang masuk 10 besar Terkaya di Dunia
Lights illuminate the Waqaf Mosque in Bandar Seri Begawan, Brunei. ca. July 1985 Bandar Seri Begawan, Brunei

Peringkat itu dirilis oleh Global Finance dengan mempertimbangkan paritas daya beli (purchasing power parity). Yang berarti, penetapan negara terkaya di dunia tidak hanya melihat PDB tiap negara tapi juga melihat biaya hidup masing-masing bangsa dan laju inflasi di negara tersebut. Berdasarkan faktor penilaian tersebut, 3 negara di Asia berhasil masuk dalam 10 negara dengan rata-rata pendapatan masyarakat terkaya di dunia yakni Singapura, Brunei Darussalam, dan Hong Kong. Selebihnya ditempati negara Australia, tiga negara Eropa, dan Amerika Serikat. Demikian seperti dilansir dari The Richest, Selasa (25/8/2015).