Advertise Try to Advertise here ! You'll be happy ... :)

Cari Informasi Bebas Hoax ? Ini Tipsnya ..

Siapa saja, butuh informasi bebas hoax. Anda pasti setuju. Ya, hoax atau informasi palsu, beberapa waktu ini menjadi perhatian serius. Bukan tanpa sebab, kebanyakan kita, saat ini lebih sering menggunakan internet untuk mencari informasi. Untuk itulah, agar terhindar dari informasi yang tidak benar, kami akan bagikan tips untuk menganalisa sebuah informasi, apakah benar atau hoax.

Ada sejumlah fitur yang dapat dimanfaatkan oleh pengguna internet, agar informasi yang diperoleh dapat diverifikasi kebenarannya. Berikut kami bagikan tips mencari informasi bebas hoax dari Irene Jay Liu, pelatih dari Google News Lab, Kamis, seperti dikutip dari Antara

Tips mencari informasi bebas hoax

1. Optimalkan kata kunci

Ketika kita mencari data, usahakan untuk mengoptimalkan penggunaan kata kunci atau keyword, guna mendapatkan sumber informasi dari tempat terpercaya. Contohnya, website resmi kementerian. Ketik kata kunci, misalnya “vaksin palsu site:.go.id” di kolom pencarian untuk mendapatkan informasi mengenai vaksin palsu dari situs resmi pemerintahan.

2. Cek gambar

Ada kalanya penjelasan yang menyertai sebuah foto tidak sesuai dengan kejadian asli. Atau, foto tersebut bisa juga merupakan hasil editan. Untuk mengecek keaslian foto dalam sebuah informasi, manfaatkan mesin pencari foto, misalnya Google Image.

Caranya, tarik dan lepas (drag & drop) foto yang ingin dicari di kolom pencarian atau kita klik kanan dan copy URL gambar saat membuka sebuah situs. Hasil pencarian ini akan menunjukkan situs apa saja yang memuat foto tersebut dan juga foto yang mirip.

3. Cek narasumber

Kita bisa memanfaatkan situs media sosial seperti Twitter atau Facebook untuk melihat kredibilitas narasumber yang dikutip dalam informasi. Lalu kalau kita ingin melihat perjalanan profesional narasumber, situs profesi seperti Linkedin juga akan membantu memberikan informasi di mana ia bekerja, jabatan serta pendidikan yang pernah diikuti.

4. Cek situs

Kita juga harus memastikan bahwa situs yang diakses adalah situs yang terpercaya. Kalau ada keraguan, manfaatkan situs seperti whois.net, godaddy, untuk melihat orang atau organisasi di balik website tersebut, antara lain data administratif seperti alamat pendaftaran situs tersebut.

Itulah 4 tips untuk mencari informasi bebas hoax. Intinya adalah, jangan mudah percaya, sebelum kita benar-benar mengetahui detailnya. Jadilah pengguna internet yang cerdas.


Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *