Ibu ini Menjual Ginjal untuk Bayar Hutang

Ibu ini Menjual Ginjal untuk Bayar Hutang – Seorang Ibu warga desa Kerta Sinduyasa, Kecamatan Jatibarang, Brebes, Jawa Tengah, diberitakan menjual ginjalnya untuk bayar hutang. Diah Eka Susilawati, 32, demikian nama ibu ini, mengatakan bahwa ia melakukan itu karena terjerat hutang sebesar lebih kurang Rp. 1 miliar sejak 10 tahun lalu. Hutang ini ia alami oleh karena bisnis rental mobil yang digelutinya gulung tikar.

Ia merintis sendiri dari satu unit mobil pemberian orang tua untuk usaha itu (rental mobil). Kemudian ia berhasil mengembangkannya menjadi 8 unit mobil. Namun uang untuk pengembangan ini ia peroleh dari hasil pinjaman. Demikian dilansir Metrotvnews.com, di RSUD Brebes, Jumat (11/9/2015).

Bencana mulai datang diawali ketika Diah kehilangan 2 unit mobil rentalnya. Kondisi ini membuat perputaran setoran pinjaman menjadi timpang. Permasalahan ini masih ditambah dengan ulah suaminya, Didi, yang menggadaikan mobilnya satu per satu, tanpa ia ketahui.

Ibu ini Menjual Ginjal untuk Bayar Hutang
img from Metrotvnews.com

Semuanya menjadi semakin parah. Mobil yang digadaikannya tidak mampu ditebus. Padahal utang semakin menumpuk. Ia juga telah menggadaikan SK-nya sebagai PNS ke bank, untuk mencoba merintis usaha peternakan ayam. Tetapi sayang, ia lagi-lagi mengalami nasib sial. Baru saja kandang selesai dibangun, modal untuk membeli pakan telah habis. Perlu diketahui, Diah adalah PNS golongan IIIA.

Ia mengatakan bahwa dirinya serius menjual ginjalnya, karena semua sudah habis. Sertifikat rumah sudah tidak bisa ditebus. Gajinya sebagai PNS tidak bisa dipakai karena habis untuk menutupi utang. Demikian dikatakan Diah, yang juga guru di sebuah sekolah dasar di Brebes ini.

Disamping untuk membayar hutang, hasil penjualan ginjalnya akan digunakan untuk menutupi biaya sekolah anaknya yang sudah setahun belum dibayar.