Gerhana Matahari Cincin terjadi hari ini jam 17.30 WIB

Gerhana matahari cincin terjadi ketika bulan hanya menutup sebagian dari matahari. Gerhana jenis ini terjadi kalau ukuran bulan lebih kecil dari matahari sehingga ketika bulan berada di depan matahari, tidak seluruh matahari akan tertutup oleh bulan. Bagian matahari yang tidak tertutup oleh bulan, berada di sekeliling bulan dan terlihat seperti cincin yang bercahaya.

Hari ini, jam 17.30 WIB, kawasan Jawa bagian barat dan Sumatera bagian selatan, dapat menyaksikan gerhana matahari cincin sebagian mulai pukul 17.30 WIB. Ini yang dikemukakan Kepala Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN) Thomas Djamaluddin, Kamis (1/9/2016).

Menurutnya, gerhana matahari cincin di Indonesia hanya dapat dilihat sebagian dan tipis sekitar 2-3 persen. Masyarakat juga hanya bisa menikmatinya sekitar 20 menit. Masyarakat di Jawa hanya melihat awal gerhana matahari cincin dan kemudian matahari sudah terbenam. Sedangkan masyarakat di Sumatera bagian selatan bisa melihat akhir gerhana tapi kecil dan tipis. Untuk ikut menyaksikan gerhana matahari cincin sebagian ini, Thomas menyarankan masyarakat menggunakan kacamata matahari atau alat peredup cahaya lainnya.

Gerhana matahari cincin yang sempurna hanya bisa dinikmati di Atlantika, Afrika dan Samudera Hindia.

.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan