Gedung Ini Berdindingkan Uang Kertas

Dalam rangka memperingati peluncuran nominal baru mata uang Lithuania, yakni 1000 Litas, sebuah gedung bertingkat di Kaunas, Lithuania, dibangun dengan desain yang unik dan menarik. Gedung unik yang memiliki 10 tingkat ini, seluruh dinding luarnya dihiasi dengan uang kertas. Dilihat sepintas, gedung ini seperti uang raksasa yang berdiri di tengah kota. Memang, uang kertas yang digunakan bukanlah uang sungguhan. Desain gedung ini dirancang oleh seorang arsitek bernama Rimas Adomaitis. 
Gedung unik ini menggunakan 4500 kaca, dimana di permukaannya dicetak dengan gambar uang kertas lokal. Cetakan ini dibuat menggunakan enamel dan pola khusus. Dan hasilnya sungguh luar biasa, gambar yang terlihat menyolok mata persis seperti uang asli. Demikian dilansir Liputan6.com
Karena gedung unik ini dibuat dalam rangka memperingati peluncuran nominal baru mata uang Lithuania, yaitu 1000 Litas, maka gedung inipun akhirnya diberi nama Office Center 1000. Nama ini diketahui melalui situs resminya, 1000lt.com. Gedung ‘uang kertas’ ini berlokasi di Taikos Ave. 88A. Bersebelahan dengan pusat perbelanjaan terkemuka di Kaunas, Urmas shopping centre.

Gedung Ini Berdindingkan Uang Kertas
img from liputan6.com

Disamping memiliki bentuk dan dinding yang unik, gedung ini juga dirancang ramah lingkungan. Gedung ini menggunakan pemanas dan pendingin ruangan hemat energi. Sampai sekarang, gedung ini masih menjadi gedung perkantoran untuk perusahaan-perusahaan kelas menengah atas. Gedung ini juga memiliki conference hall sendiri.

gedung unik di lithuania
img from liputan6.com

Walaupun diincar oleh para pelaku bisnis sebagai tempat berkantor, gedung ini juga menjadi incaran para turis untuk berpose di depannya, karena keunikannya. Pada malam hari, sistem pencahayaan khusus dirancang untuk membuat tampilan gedung tetap terlihat memesona.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan