Cerita Masjid Haras dan 9 Jin Masuk Islam

Cerita Masjid Haras dan 9 Jin Masuk Islam – Lokasi bangunan masjid ini terletak kurang lebih 1,5 km di sebelah utara Masjidil Haram. Dinamai Masjid Jin, karena di sinilah 9 jin menyatakan ke-Islamannya di hadapan Nabi SAW. Masjid Jin dikenal pula sebagai Masjid Haras memiliki ukuran luas sekitar 20×10 meter. Bangunan masjid ini didominasi dengan tembok besar dan berwarna abu-abu. Di sinilah 9 jin mengakui bahwa Allah Maha Esa dan Nabi Muhammad adalah Rasulullah. Bagaimana ceritanya ?

Begini, pada suatu riwayat disebutkan, ketika itu Rasulullah SAW bersama sahabat-sahabat beliau, baru saja pulang dari Thaif dan hendak melaksanakan salat subuh di masjid ini. Setelah selesai melaksanakan shalat subuh, Rasulullah melanjutkan dengan membaca Alqur’an. Lantunan ayat-ayat suci Alquran dari Rasulullah ini membuat para jin yang saat itu sedang melintas, menjadi terpukau.
Cerita Masjid Haras dan 9 Jin Masuk Islam
Sampai Rasulullah SAW selesai dengan bacaan Alqur’annya, jin-jin itu tetap berada di masjid Haras. Dan akhirnya, jin itu menyatakan ke-Islamannya di hadapan Nabi Muhammad SAW.

Kini, masjid Haras menjadi salah satu masjid tertua di Mekah. Masjid Haras sering dikunjungi oleh para peziarah yang telah melaksanakan ibadah haji dan umrah untuk menunaikan salat.

Ada riwayat yang menyebutkan, bahwa ada sekitar 9 jin yang menyatakan ke-Islamannya di hadapan nabi dan berbaiat. Namun riwayat lain menyebutkan hanya ada tujuh jin saja yang masuk Islam. Para jin ini diketahui berasal dari daerah yang berada di antara Suriah dan Iraq. Tidak hanya diceritakan melalui literarur sejarah Islam, namun peristiwa pernyataan keislaman jin juga ditulis dalam Alquran.(berbagai sumber)

2 Komentar

Tinggalkan Balasan