Cegah Aksi Nyontek, Ujian hanya Memakai Celana Dalam

Cegah Aksi Nyontek, Ujian hanya Memakai Celana Dalam – Ada berbagai cara yang dilakukan guru atau instansi untuk mencegah aksi mencontek saat tes atau ujian tertulis. Mulai dengan mengubah tempat duduk, memasang kamera, dan hal lainnya. Namun, Angkatan Darat India memiliki cara sendiri untuk mencegah aksi menyontek saat ujian ini. Alih-alih menggunakan teknologi yang ada, pihak Angkatan Darat India memerintahkan para peserta, untuk mengenakan celana dalam saja, saat ujian. Ha..ha..

Terkesan lucu memang, namun, saya kira, ini cukup efektif untuk mencegah aksi mencontek. Demikian dilansir dari sejumlah laporan pada Selasa (1/3/2016).

Laman Indian Express menyajikan foto puluhan pemuda duduk bersila di lapangan dengan hanya mengenakan celana dalam. Sementara, seorang pengawas berseragam militer dengan ketat mengawasi tes yang digelar di kota Muzzafarpur, Bihar.
Cegah Aksi Nyontek, Ujian hanya Memakai Celana Dalam

Cegah Aksi Nyontek, Ujian hanya Memakai Celana Dalam

Kenapa langkah ini yang diambil ? Ada sebuah sumber angkatan darat yang dikutip Indian Express mengatakan, langkah radikal ini diambil untuk menghemat waktu pemeriksaan peserta ujian yang mencapai 1.000 orang itu.

“Kami tak memiliki pilihan selain menjalankan perintah meskipun perintah itu terasa aneh,” ujar sumber tersebut.

Memang, kita tahu juga, bahwa budaya mencontek ini adalah hal biasa di India. Bahkan pernah ada aksi para orang tua di India yang ingin membantu anaknya mengerjakan tes ujian, sampai mendaki gedung ujian, dan membisiki jawaban melalui jendela. Aksi ini pernah ditayangkan di sebuah stasiun televisi di Indonesia.

Juru bicara angkatan darat di New Delhi menolak untuk berkomentar tentang laporan yang muncul setahun setelah polisi negara bagian Bihar menangkap 1.000 orang perwira yang membayar joki untuk melaksanakan ujian.

Seperti saya tulis di atas, mencontek dengan berbagai cara mulai dari yang paling sederhana hingga yang paling canggih adalah hal biasa di India. Alasannya adalah agar mendapatkan nilai cukup untuk masuk ke sekolah berkualitas dan mendapatkan pekerjaan di pemerintahan.

Bihar, salah satu negara bagian terpadat sekaligus termiskin di India, sangat dikenal dengan kebiasaan warganya mencontek. Tahun lalu, sebuah skandal mencontek diungkap di negara bagian ini. Saat ujian negara digelar, keluarga para siswa menggunakan berbagai cara untuk mengirimkan catatan kepada para peserta ujian di dalam kelas.

3 Komentar

Tinggalkan Balasan