Cara Mudah Mengenali Gejala Stroke

Cara Mudah Mengenali Gejala Stroke – Kondisi stroke adalah suatu keadaan medis yang mesti segera dikenali dan ditangani. Penyebab stroke bisa karena penyumbatan pembuluh darah di otak, yang dikenal dengan stroke iskemik. Namun bisa juga stroke terjadi karena pecahnya pembuluh darah di otak atau yang dikenal juga dengan stroke hemorrhagik.

Siapapun yang mengalami serangan stroke, harus secepat mungkin dibawa ke rumah sakit untuk mencegah terjadinya kerusakan di otak dan kemungkinan untuk pulih menjadi normal.

Waktu terbaik untuk menangani stroke atau dikenal dengan golden period adalah 3 jam setelah terjadi serangan stroke. Pada masa ini, penderita masih sangat mungkin untuk terhindar dari stroke, bila segera ditangani secara benar. Hal ini dapat menolong penderita untuk tidak mengalami stroke yang lebih berat.

Baca juga : 

Cara Mudah Mengenali Gejala Stroke

Cara Mudah Mengenali Gejala Stroke

Resiko keterlambatan penanganan stroke

Keterlambatan dalam penanganan stroke dapat meningkatkan resiko kecacatan dan bahkan kematian. Waktu merupakan hal yang sangat penting. Sehingga semua orang harus mengetahui gejalanya dan bertindak cepat. Berikut adalah cara mudah mengenali gejala stroke. Ingatlah kata FAST, masing-masing terdiri dari singkatan gejalanya :

  • F atau Face (wajah). Mintalah orang tersebut untuk tersenyum. Apakah ada sisi sebelah wajah yang tertinggal ? Apakah wajah atau matanya terlihat tidak simetris ? Jika iya, orang tersebut mungkin saja sedang mengalami stroke.
  • A atau Arms (tangan). Mintalah orang tersebut untuk mengangkat kedua tangan. Apakah ia mengalami kesulitan untuk mengangkat salah satu atau kedua tangannya ? Apakah salah satu atau kedua tangannya dapat ditekuk ?
  • S atau Speech (perkataan). Mintalah orang tersebut untuk berbicara atau mengulangi suatu kalimat. Apakah bicaranya terdengar tidak jelas atau pelo ? Apakah ia kesulitan atau tidak berbicara ? Apakah ia memiliki kesulitan untuk memahami yang Anda katakan ?
  • T atau Time (waktu). Jika ia memiliki seluruh gejala yang disebutkan di atas, orang tersebut mungkin mengalami stroke. Selalu ingatlah bahwa stroke merupakan kasus yang darurat. Anda harus segera membawa orang tersebut ke rumah sakit. Ingatlah juga untuk mencatat waktu kapan orang tersebut mengalami gejala-gejala itu. Untuk membantu dokter dalam menentukan terapi.

Kenali juga gejala stroke lainnya seperti :

  • Pingsan
  • Kehilangan kesadaran
  • Kelumpuhan tiba-tiba wajah, tangan atau kaki, terutama pada sisi sebelah tubuh
  • Kesulitan melihat dengan salah satu atau kedua mata
  • Kesulitan berjalan
  • Gangguan koordinasi atau keseimbangan (sumber)

Itulah bagaimana Cara Mudah Mengenali Gejala Stroke. Semestinya kita harus mengetahuinya, karena ini akan sangat berguna.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan