Cara Merawat Rambut Panjang, Simak tips Mudahnya … !!

Bagaimana sih cara merawat rambut panjang ? Kenapa rambutku rontok dan jelek walau panjang ? Mungkin … ini salah satu pertanyaan yang juga menjadi masalah Anda. Khususnya para wanita. Memang, memiliki rambut panjang yang lebat dan indah, akan memberikan kebanggaan tersendiri. Problem terbesar adalah perawatan. Rambut panjang membutuhkan perhatian ekstra dari pemiliknya. Apalagi kalau rambut Anda sepanjang rambut Sara Beygi. Harus ekstra sekali kalau itu.

Tips dan Cara Merawat Rambut Panjang

cara merawat rambut panjang

Ikat Rambut dan kegunaannya

Disarankan, ketika bepergian, lebih baik ikat rambut panjang dengan ikat yang lembut dan tidak membuat sakit. Pengaruh sinar matahari dan angin membuat rambut menjadi berantakan. Bila rambut dalam keadaan terikat, maka ia akan menjadi terlindung dan tidak mudah patah.

[infobox style=”alert-dashed”]Baca juga : Agar rambut tumbuh subur dan tidak mudah rontok[/infobox]

Menggunakan minyak rambut

Rambut juga membutuhkan nutrisi. Salah satu cara memberikan nutrisi adalah dengan menggunakan minyak rambut. Minyak ini kita pakai untuk memijat kulit kepala, tempat tumbuhnya rambut. Pijatan akan membantu peredaran darah di kepala menjadi lebih baik dan lancar. Efeknya akan berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut kita.

Keramas secara rutin

Membersihkan adalah hal yang tidak boleh dilupakan. Lakukan secara rutin. Namun, khusus rambut panjang, cuci atau keramas-lah ketika rambut benar-benar kotor. Keramas setiap hari hanya akan membuat rambut menjadi kering.

Gunakan pengering rambut alami

Kita dapat membungkus rambut dengan handuk. Pakailah handuk dengan ketebalan medium. Usahakan untuk memijat rambut dengan handuk. Jangan menggosoknya. Jangan terlalu sering menggunakan hair dryer atau alat lainnya. Karena ini dapat memicu kerusakan rambut.

Memakai kondisioner

Kondisioner bermanfaat untuk menutrisi dan memelihara kesuburan rambut. Caranya juga mudah, gunakan kondisioner setelah Anda selesai keramas. Selain dapat membuat rambut Anda tampak berkilau, kondisioner juga bermanfaat sebagai makanan bagi rambut Anda.

Menggunakan cara herbal

Daripada memakai bahan kimia, Anda dapat menggunakan produk atau metode alami untuk merawat rambut Anda. Misalnya, untuk membuat kondisioner alami, Anda bisa menggunakan campuran cuka dan minyak jarak untuk perawatan rambut Anda. Bahkan, Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami yang mudah dijumpai di sekitar Anda, seperti lidah buaya atau minyak kemiri.

[infobox style=”alert-dashed”]Baca juga : Merawat Rambut Agar tetap hitam secara alami [/infobox]

Jaga pola makan

Kalau Anda serius ingin memiliki rambut sehat, perlu menerapkan pola makan yang seimbang. Kalau diet Anda tidak sehat, apapun tips atau cara yang Anda gunakan tidak akan manjur. Selain perawatan dari luar, rambut Anda juga perlu perawatan dari dalam yaitu diet yang seimbang. Cukupi asupan sayuran dan buah-buahan agar rambut Anda tetap sehat alami.

Itulah beberapa cara merawat rambut panjang. Semoga bermanfaat.