Cara Memilih Lampu LED Sesuai Kebutuhan

Cara Memilih Lampu LED Sesuai Kebutuhan – Lampu LED kini menjadi pengganti lampu neon atau bohlam CFL, serta lampu pijar. Meski begitu, masih banyak masyarakat yang lebih memilih lampu neon atau lampu pijar dengan alasan harga yang lebih murah. Padahal, apabila dibandingkan lagi dengan lebih cermat, maka memilih LED sebagai lampu penerang ternyata jauh lebih hemat karena panas yang dihasilkan rendah, hemat energi dan cahaya yang dihasilkan lebih terang dari pada lampu pijar atau lampu neon. Dengan begitu, meskipun harga lampu jenis LED cukup mahal, hal ini sebanding dengan fungsi yang dihasilkan serta lebih hemat dalam biaya listriknya.

Sebelum mengganti lampu pijar atau lampu neon Anda dengan LED, berikut ini beberapa tips yang perlu diketahui agar bisa mendapat lampu yang sesuai dengan kebutuhan :

cara memilih lampu led

 

Cara Memilih Lampu LED Sesuai Kebutuhan

1. Tingkat cahaya

Sebelum membeli lampu, pastikan untuk mengetahui seberapa terang cahaya yang bisa dihasilkan. Pengukuran pada lampu neon biasanya menggunakan satuan watt, namun LED sedikit berbeda sebuah lampu halogen dengan kapasitas 50 Watt, hampir sama terang dengan LED yang hanya berkapasitas 6.5 watt saja. Jadi pastikan coba terlebih dahulu lampu sebelum dibeli untuk mengetahui tingkat pencahayaan yang tepat bagi ruangan Anda.

2. Perhitungan lumen

Lumen adalah pengukuran nilai total cahaya yang mampu ditangkap mata manusia yang bersumber dari lampu atau sumber cahaya lainnya. Semakin tinggi nilai lumen, maka semakin terang juga cahaya yang dihasilkan. Perhitungan lumen ini nantinya berpengaruh pada bentuk dan ukuran ruangan, tinggi langit-langit, warna ruangan serta jenis lampunya. Umumnya kamar mandi yang berukuran 2 x 1 meter menggunakan 150 sampai 250 lumen, sedangkan ruang tamu yang cukup besar bisa menggunakan 500 hingga 800 lumen.

3. Warna cahaya

Lampu LED tersedia dalam warna putih dan kuning. Hal ini lantaran temperatur warna pada pencahayaan adalah gambaran bagaimana warna cahaya akan terlihat. Semakin tinggi temperatur, maka warna lampu akan terlihat semakin putih. Untuk pemilihan warna cahaya sendiri bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Apabila ingin agar ruangan terlihat lebih bersih dan terang, maka warna putih lebih cocok. Untuk yang menggemari warna remang seperti lampu pijar, maka warna kuning bisa jadi pilihan.

4. Daya tahan lampu

Selanjutnya adalah daya tahan lampu untuk bertahan hidup. Umumnya lampu jenis LED memiliki ketahanan waktu hingga 25.000 jam atau jika dihitung bisa lebih dari 5 tahun apabila digunakan kurang lebih 12 jam per harinya. Ketahanan lampu bisa semakin lama jika penggunaan hariannya juga dikurangi. Jika dibandingkan dengan lampu pijar yang ketahanannya hanya 1.000 hingga 2.000 jam saja, tentunya memilih lampu jenis LED akan lebih efektif bagi keuangan Anda.

Baca juga : Tips Menghemat Baterai Smartphone

5. Harga

Seperti pembahasan awal, bahwa harga lampu jenis LED memang lebih mahal dibandingkan lampu pijar atau lampu neon. Meski begitu, Anda juga harus mempertimbangkan dari segi efisiensi biaya listrik dan juga daya tahan lampu jenis LED yang terbukti lebih hemat listrik dan tahan lebih lama. Tidak ada salahnya membeli lampu sedikit mahal di awal, namun memberikan keuntungan jangka panjang.

Apabila mengganti lampu di rumah dengan lampu LED secara bersamaan terlalu mahal, maka Anda bisa mencicil menggantinya satu per satu terlebih dahulu. Misalnya dimulai dari ruang tamu agar pencahayaan lebih terang, lalu ke ruang keluarga, dan selanjutnya ruangan lain bisa menyusul. Dengan begitu pengeluaran akan lebih ringan.

2 Komentar

Tinggalkan Balasan