Cara Agar Tetap Bugar Selama Puasa

Saya rasa, hampir sebagian besar dari kita masih tetap bekerja saat ini. Walaupun tengah menjalankan puasa. Tidak bisa kita pungkiri bahwa puasa tetap memberi pengaruh bagi kinerja kita. Tetapi sebagai karyawan yang baik, tentu saja kita akan berusaha menjaga agar tetap bugar dan fit walau tengah berpuasa. Pertanyaannya, bagaimana cara agar tetap bugar selama puasa ?

Kali ini, saya akan bagikan tips dan cara agar tetap bugar saat puasa. Tips ini disarikan dari Metrotvnews.com, yang disampaikan oleh DR. Rizal Al Idrus. Menurut beliau, pola istirahat yang benar merupakan salah satu kunci untuk tetap bugar saat menjalani ibadah puasa.

 

“Mau tidak mau harus bangun sahur, kemudian makan, otomatis pola istirahat kita terpotong saat sahur. Ini bisa disiasati dengan istirahat lebih awal. Setelah itu bangun sahur dan bisa tidur sebentar lagi setelah sahur,” kata Dokter Rizal.

bugar dan fit saat puasa

Disamping pola istirahat yang benar, kunci lain untuk tetap bugar dan fit adalah menjaga pola makan yang benar. Hindari konsumsi gula dan karbohidrat berlebih agar tidak cepat mengantuk setelah sahur. Saat kita sahur, biasanya kalau kita konsumsi gula dan karbohidrat berlebih, maka kita akan lebih cepat mengantuk dan otomatis konsentrasi serta stamina menurun.

Dan yang berikutnya Dokter Rizal mengatakan, perlunya suplemen tambahan agar tetap fit saat berpuasa. Karena, saat berpuasa banyak sekali zat-zat nutrisi mikro nutrien yang tidak terpenuhi saat kita sahur ataupun berbuka. Namun, kalau Anda sudah merasa bahwa apa yang Anda asup cukup maka, suplemen makanan tidak begitu perlu lagi.

  • Sulaeman

    mantaf ini kang tipsnya, perlu di coba

  • dengan banyak beristirahat dan mengatur pola makan yg benar dapat menyebabkan badan tetap bugar selama kita berpuasa ya Kang… terima kasih Tips nya kang 🙂

    • Benar sekali Kang … intinya adalah istirahat dan pola makan … 🙂 makasih kunjungannya Kang …