Advertise Try to Advertise here ! You'll be happy ... :)

Butuh Dana Tunai, Pilih Kartu Kredit atau KTA ya ?

Kebutuhan dana tunai yang mendesak, menghadapkan kita pada situasi yang kadang sangat sulit. Lebih-lebih kalau cadangan dana atau dana darurat yang sudah kita simpan, tidak mampu menutupi kebutuhan dana tunai mendesak itu. Lalu harus bagaimana ?

Langkah yang paling sering diambil ketika dana darurat tidak lagi mencukupi atau malah tidak ada dana darurat sama sekali, adalah bahwa pada akhirnya akan memutuskan untuk berhutang. Entah itu berhutang pada teman, kerabat, saudara ataupun bank. Bila melalui bank, maka biasanya melalui fitur tarik tunai kartu kredit atau berutang pinjaman tanpa agunan.

Padahal, tarik tunai kartu kredit dan kredit tanpa agunan (KTA), sejatinya adalah produk-produk kredit dengan biaya tinggi. Nah, agar penggunaannya tepat, pertimbangkan dulu hal ini sebelum memutuskan memanfaatkannya (dilansir dari Kompas bisnis) :

Tips Memilih Kartu Kredit atau KTA ?

Butuh Dana Tunai, Pilih Kartu Kredit atau KTA ya ?

Lihat kebutuhan

Hal pertama yang harus diperhatikan adalah melihat kebutuhan. Kalau kebutuhan kita adalah dana tunai dengan ukuran spesifik, jelas peruntukannya, maka memilih KTA adalah lebih tepat daripada memakai tarik tunai kartu kredit. KTA bisa lebih murah dibandingkan tarik tunai kartu kredit.

Kedisiplinan membayar

Menggunakan tarik tunai kartu kedit memungkinkan kita membayar cicilan dengan nilai minimal. Hal ini justru bisa membuat kita terlena dan tidak sadar kalau nilai utang semakin membesar karena skema bunga berbunga dalam hitungan kartu kredit. Sedangkan bila memakai KTA untuk kebutuhan dana tunai, tagihan yang harus Anda cicil setiap bulan sudah jelas nilainya. Tidak ada opsi pembayaran minimal sehingga Anda dipaksa disiplin membayar utang.

Penggunaan dana (alokasi)

Kartu kredit merupakan alat transaksi yang tepat kalau Anda terbilang sering bepergian, sering berbelanja atau memang penyuka gaya hidup cashless. Namun, bila kebutuhan kita sebenarnya hanya sejumlah uang di waktu tertentu untuk sebuah keperluan, lebih tepat bila Anda mengajukan KTA ketimbang kartu kredit.

Itulah 3 hal yang harus diperhatikan sebelum memilih, apakah akan menggunakan kartu kredit atau kredit tanpa agunan, saat membutuhkan dana tunai.


One Comment

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *