Bersyukur Dalam Keadaan Sulit

What ? Are you kidding ?
Mungkin, kalimat ini yang akan meluncur dari mulut Sobat, begitu membaca judul di atas. Nah, kalau benar itu adalah respon Anda, maka saya jawab, YA. Bersyukurlah dalam kesulitan.

Mengapa ? 

Apa tidak salah bersyukur di tengah keadaan sulit/berat yang dialami ?

Sama sekali tidak salah. Karena, bisa jadi itu adalah pertanda, Tuhan sedang memberi kita special treatment. Saya ingin membagikan sebuah kisah nyata, begini ….

Puluhan tahun yang lalu, seorang guru Wushu atau Kungfu yang bernama Wu Ben, melihat adanya bakat yang terpendam di dalam diri seorang anak yatim piatu berusia 8 tahun, yang bernama Li Lien Chieh. Karena itu, sang guru memutuskan untuk memberi didikan khusus (special treatment), menggembleng Li dengan lebih keras dari pada murid-murid yang lain. Saat murid-murid lain sudah pulang, Li masih terus diminta untuk berlatih.
Pada awalnya, Li merasa bahwa gurunya tidak adil. Ia pun berontak. Sang guru tetap pada putusannya bahwa Li harus tetap berlatih sesuai permintaannya. Saat itu Li menganggap bahwa gurunya ini sentimen terhadapnya, ia tidak sadar bahwa gurunya punya maksud lain. Dan, hari-hari latihan Li dengan porsi lebih pun terus berlanjut. Li memilih untuk terus berlatih sesuai permintaan gurunya.
Puluhan tahun kemudian, Li baru sadar. Kenapa dulu gurunya berlaku demikian terhadapnya. Karena bila hal itu tidak terjadi, dan ia waktu itu ia menyerah di tengah jalan, maka saat ini, dunia tidak akan mengenal seorang aktor laga hebat yang bernama JET LI.

Bagaimana ? Salahkah saya bila kita harus bersyukur di tengah keadaan sulit ?
Ingatlah sahabatku, keadaan sulit kita saat ini, mungkin adalah sebuah awal bagi kita untuk kesuksesan kita di masa mendatang. Marilah kita bersyukur ….

Semoga manfaat …

28 Komentar

    • Sama2 mas Har… saya mendapati kisah ini dari buku seorang teman saya, dia Penginjil mas ..(sy banyak bergaul di lingkungan lintas agama) .. itu hanya nukilan dari kisah hidup Li saja mas .. sy sendiri sangat termotivasi dengan itu .. maka saya bagi juga untuk yang lain …

      Makasih kunjungannya mas …

  1. Wah benar juga gan..!! kita harus tetap bersyukur walau dalam keadaan apapun tanpa harus dibatasi ruang gerak dan waktu..!!

    Oy terimakasih kunjungan'y gan,, aku jg dulu sering berkunjung kesini, tapi dah lama lupa dan baru kali ini aku meninggalkan jejak langkahku..!! hehe

  2. Saya kira bersyukur di saat keadaan sulit adalah ilmu yang paling di cari di dunia kang nama ilmu itu adalah "IKHLAS" sulit untuk di dapatkan akan tetapi berusaha untuk mendapatkan nya,…mari berlomba kang siapa dulu yang akan mendapatkan nya …thanks …(Wassalam)

  3. kadang2 sangat susah utuk bersyukur dlm keadaan sulit. kebanyakan dari kita, terutama saya, jika dlm keadaan senangpun kadang lupa bersyukur. trims sob sudah mengingatkan. salam:)

Tinggalkan Balasan