Awas !! Bakteri di Kakus Juga Ditemukan di Kartu ATM !

Ini adalah sebuah berita yang bagi saya sangat mengejutkan. Kita semua pasti sudah biasa menggunakan barang yang satu ini. Kartu ATM. Ternyata, dari hasil sebuah penelitian, ada suatu hal yang mencengangkan ditemukan dalam kartu ini. Apakah itu ? Bakteri. Satu di antaranya bakteri yang juga ditemukan dalam kotoran manusia.

Sebuah riset di Inggris menunjukkan 1 dari 10 kartu bank mengandung bakteri tersebut. Begitupun uang tunai yang mengandung bakteri dalam kakus dan jamban itu.

Studi dilakukan di Queen Mary, University of London, dan London School of Hygiene & Tropical Medicine. Studi kian menguatkan bahwa tangan manusia bisa menjadi perantara kotoran yang sangat berbahaya.

Berdasarkan riset terungkap sekira 26 persen dari 272 partisipan menunjukkan tangan mereka mengandung bakteri yang juga ditemukan pada kotoran manusia, seperti bakteri Eschericia coli. Dari keseluruhan partisipan, hanya 39 persen yang mengaku mencuci tangan sebelum makan.

Kebanyakan responden menyatakan dirinya pasti mencuci tangannya usai buang air, meski level organisme terkait kotoran manusia yang mengkontaminasi kartu bank dan uang menyatakan sebailknya.

Padahal faktanya mencuci tangan dengan sabun bisa mengurangi infeksi diare hingga 42 persen. Sayangnya hanya 69 persen orang yang mengaku mencuci tangan setiap kali memungkinkan, tidak hanya usai buang air.

Pemimpin penelitian, dr Ron Cutler mengungkapkan berdasarkan analisis yang dilakukan bersama timnya, dengan menyentuh kartu bank dan uang setiap hari, sudah pasti manusia akan terkontaminasi patogen potensial yang bisa menularkan dan tertular bakteri yang juga ditemukan pada kotoran manusia, seperti E.Coli dan Staphylococcus.

Bakteri di Kartu ATM
 “Kebanyakan orang bisa saja mengaku mencuci tangannya setiap usai buang air, tetapi riset menunjukkan kebalikannya. Temuan bakteri-bakteri dari kotoran manusia pada kartu bank dan uang juga menunjukkan, patogen-patogen ini sangat mudah ditransfer dan bisa bertahan hidup di uang dan kartu-kartu bank kita,” ujar Cutler seperti dilansir Dailymail.

Pernyataan itu dikuatkan oleh dr Val Curtis, salah seorang peneliti, “Riset kami menunjukkan pentingnya mencuci tangan. Level kontaminasi yang kami temukan pada barang-barang harian adalah pertanda banyak orang yang lupa mencuci tangannya usai buang air. Padahal itu adalah momen penting dalam pencegahan infeksi penyakit.”

Jadi, biasakan untuk mencuci tangan Anda. (sumber)
  • Serem juga ya mas sampe bisa pindah ke kartu atm, gitu?
    Makasih infonya..salam kenal dari Direktori Penerjemah Indonesia.