8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik

8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik – Pada artikel yang lalu, saya mengulas tentang contoh surat lamaran kerja yang baik. Nah, kali ini, saya ingin memberikan tips dan trik saat menulis surat lamaran kerja. Kita tahu bahwa surat lamaran yang kita tulis, memegang peranan penting bagi diterima atau tidaknya lamaran kita. Saya pernah mengalaminya dulu saat saya baru saja lulus dari pendidikan akademi yang saya tempuh.

Waktu itu, cukup sulit untuk menemukan sumber tentang bagaimana menulis surat lamaran yang baik. Dari pengalaman saya itu, saya ingin agar bagi sobat semua yang tengah mencari kerja, pahamilah bahwa surat lamaran kita mencerminkan siapa kita. 

8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik
Inilah 8 tips dan trik saat menulis surat lamaran kerja :

1. Impresif

Coba untuk perlihatkan jati diri kita dengan menarik. Isi surat sebaiknya dapat memunculkan kesan simpatik, tidak terlalu arogan tetapi juga tidak terlalu merendah. Hal ini adalah untuk memberi kesan baik pada calon atasan kita. Ingat, kesan pertama sangat mutlak. Jadi, usahakan untuk menyusun surat yang waktu seseorang mulai membacanya, bisa segera tertarik untuk tahu lebih lanjut. Kalau kita bisa melakukan ini, tunggu saja wawancara Anda.

2. Menyebutkan kualifikasi yang diraih

Prestasi kerja maupun pengalaman yang berhasil harus ditulis, untuk memperlihatkan bahwa kita mempunyai prestasi dan pengalaman yang pantas dipertimbangkan.

3. Menggunakan bahasa yang baik, enak dibaca, ringkas dan padat

Kita mempunyai kesempatan untuk menjabarkan semuanya di dalam kesempatan wawancara. Untuk saat ini, cukup kita memberi penjelasan yang singkat tetapi efektif.

4. Gunakan kalimat yang efektif

Jauhi kalimat yang tidak efektif, kalimat yang diulang-ulang tanpa alasan, ejaan yang salah, maupun penggunaan tata bahasa yang buruk. Yang sering terjadi adalah penggunaan kata yang berulang-ulang, atau kata sambung yang berulang-ulang, yang menyebabkan kalimat menjadi janggal.

5. Gunakan bahasa Indonesia atau Inggris ?

Apabila tidak diminta, jauhi penggunaan bahasa Inggris, terutama apabila kemampuan bahasa inggris kita kurang baik. Namun, bila kita menguasai bahasa Inggris dengan baik, membuat surat lamaran berbahasa Inggris, akan memberikan “nilai plus” untuk kita.

6. Tujuan dan Alasan melamar

Cantumkan tujuan dan alasan kita melamar. Biasanya tujuan yang sering diterangkan di dalam surat lamaran yakni bahwa kita mempunyai kemampuan dan pengalaman yang cukup di dalam bidang pekerjaan spesifik, dan dengan bergabungnya kita ke perusahaan tersebut, dapat memberikan kontribusi yang bernilai untuk perusahaan tersebut.

7. Kerapian

Gunakan kertas yang bagus, bersih dan rapi, tidak kusut, tidak tebal dan tidak gampang terkoyak. Jangan sampai menulis atau mencetak dengan tinta yang terlalu tipis agar surat lamaran gampang dibaca, dan jauhi penggunaan tip-ex.

8. Catatan tangan atau komputer/ketikan ?
Sebenarnya yang baik adalah menggunakan tulisan tangan. Namun, bila perusahaan/instansi yang kita lamar men-syaratkan penggunaan komputer/ketikan, sebaiknya gunakan printer inkjet atau laser, dan jauhi penggunaan printer dot matrix karena ini juga bisa memberi kesan bahwa kita adalah orang yang tertinggal di dalam tentang teknologi. Gunakan type font standar, seperti Times New Roman untuk memberikan kesan resmi.

Itu dia 8 Tips Menulis Surat Lamaran Kerja yang Baik. Semoga bermanfaat …

  • Alhamdulillah, pekerjaan yang saya dapet, hampir semuanya hasil KKN, kerjanya duluan…lamarannya menyusul, malah kadang-kadang lamaranku dibuatinn sama sekertaris bigbos…;o)

    • Ah .. Mang Ci bisa aja … yang bener Mang .. ?

    • beneran suwertekwerkewer deh….kan peusahaannya saya yang bikin, istri yang tak jadiin direkturnya…..direktur Ubi Cilembu…gituh….;o)

    • kang lembu kan bigboss nya mas

  • klo tulisan tangan sy minta ampun, selain cakar ayam juga ada cakar bebek.., dlu sempat melamar PNS depag, tuk nulis selembar aja butuh waktu berjam2…. *smile

  • semuanya sudah keren mas, asal jangan dilampirkan surat cinta aja deh

  • kalimat yang efektif, ini yang saya rasa agak susah hehe…karena kadang saya bingung juga ingin membuat pemilik perusahaan tertarik tapi kurang bisa menguasai gaya tulisan yang benar

  • Poin delapan ini yang menjadi kendala saya, tulisan tanggal jelek sekali. Mungkin karena lama tidak menulis dan terbisa menari di keyboard. Dan umumnya seh, perusahaan suka dengan tulisan tangan.

    • Latihan lagi kang dengan buku tebal tipis kaya dulu ya Kang @djangkaru_bumi:disqus he,, he,, he,

  • jadi ingat wkatu pertama kali nulis surat lamaran kerja, kayanya gimana gitu….. tapi waktu itu belum ada kewajiban pakai komputer kang, masih manual, alias tuis tangan.